“Mengusik” Dominasi Batik Lewat Jersey Sepakbola

0 13

“Mengusik” Dominasi Batik Lewat Jersey Sepakbola

Menempelnya nama Batik membuat kerajinan kain daerah selain Batik menjadi ikut terkenal. Namun disisi lainnya, originalitas dari kerajinan menjadi tertutupi. Hal tersebut membuat beberapa daerah merasa perlu meningkatkan pengenalan kepada masyarakat dengan berbagai macam cara untuk “mengusik” dominasi nama Batik. Diantaranya kegiatan sosialisasi dan pameran untuk pengenalan berbagai kerajinan kain daerah yang digelar oleh berbagai pihak seperti Asosisasi Pengrajin ataupun Pemerintah Daerah.
Besarnya potensi yang dimiliki sepakbola Indonesia juga tidak luput dilirik sebagai media efektif untuk kampanye tersebut. Dengan label sebagai olahraga yang banyak digemari masyarakat, diharapkan sepakbola mampu membuat publik paling tidak mengetahui bahwa ada kerajinan kain lainnya di Indonesia selain Batik. Memperkenalkan kerajinan kain tentu lebih efektif menampilkan kain atau minimal motif kain tersebut, sehingga jersey dipandang sebagai media yang tepat sebagai alat kampanye. Ada banyak jersey klub yang dihiasi motif kain daerah, diantaranya ada jersey PSMS, Semen Padang FC, Sriwijaya FC, Mitra Kukar, PS Barito Putera, dan Martapura FC.
Selain beberapa klub yang disebutkan diatas, tentu masih ada beberapa klub lainnya yang mengusung motif kain khas daerahnya. Seperti PSM Makassar yang pada musim 2009/2010 membawa motif sarung sutera bugis, atau Pusamania Borneo FC menggunakan motif sarung Samarinda, dan beberapa klub lainnya. Memunculkan kepermukaan kerajinan kain khas daerah lainnya selain Batik, bukan berarti ‘mengusik’ dominasi Batik untuk suatu hal negatif . Namun hal tersebut justru untuk hal positif dengan memperkenalkan kepada dunia bahwa Indonesia kaya akan kerajinan kain tradisional. Disatu sisi, pemadupadanan motif khas daerah di jersey makin mempercantik jersey dan menguatkan semangat dan rasa memiliki pemain terhadap klub, dan diharapkan rasa memiliki suporter terhadap klub semakin meningkat pula.
Source http://www.jerseysepakbolaindonesia.com/ http://www.jerseysepakbolaindonesia.com/2016/03/celoteh-jersey-mengusik-dominasi-batik.html
Comments
Loading...