Mengklasifikasikan dan Mengidentifikasi Kekurangan Teks Eksplanasi

Mengklasifikasikan Teks Eksplanasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan mengenai suatu peristiwa ataupun fenomena, baik fenomena alam maupun fenonema sosial. Karena itu, teks eksplanasi dapat dibagi berdasarkan topik yang diangkat; teks eksplanasi tentang fenomena sosial dan teks eksplanasi tentang fenomena alarm. Untuk lebih jelasnya, perhatikan teks berikut.

Teks 1

Penduduk Cina sempat dibuat gempar dengan penampakan 4 matahari. Mereka menganggap pemandangan tersebut menandakan tibanya hari kiamat. Namun sebenarnya, peristiwa tersebut merupakan salah satu fenomena alam. Fenomena ini disebut sun dog.

Fenomena sun dog atau yang juga disebut dengan Parhelion adalah fenomena ketika kita bisa melihat adanya kumpulan cahaya tambahan di kedua sisi matahari. Kedua cahaya tambahan ini terlihat seperti bola dengan ukuran yang lebih kecil dan berada di kedua sisi cahaya matahari yang sebenarnya. “Matahari tambahan” ini disebut sun dog karena terlihat seperti seekor anjing yang duduk manis di samping tuannya.

Sun dog merupakan fenomena yang jarang terjadi. Fenomena ini terjadi pada saat curah hujan tinggi dan suhu atmosfer yang sangat dingin. Dengan suhu yang dingin, terbentuk kristal es di udara rendah. Kristal es ini akan membelokkan sinar matahari dengan sudut minimal 22 derajat. Jika kristal tersusun random, akan terbentuk halo matahari. Namun, jika kristal tersusun berlapis, cahaya matahari akan dibelokkan secara horizontal dan akan membentuk sun dog. Jika sun dog berada pada jarak terdekat dari matahari, akan berwarna merah. Pada jarak yang semakin jauh dari matahari, warna sun dog akan berubah mengarah ke biru

Teks 2

Anda pasti pernah mendengar kata ‘ciyus; ‘miapah’ ataupun penulisan SMS seperti ‘h41lOw . . . Iniyh ditOO 14gh?’. Ragam bahasa ini sering dipakai di kalangan remaja yang sering kita sebut dengan anak layangan (alay).

Alay merupakan suatu fenomena yang terjadi pada sekelompok remaja minoritas dengan karakteristik yang unik. Alay sering ditandai dengan gaya berpakaian yang norak dengan tujuan menarik perhatian. Alay memang dicirikan dengan karakteristik yang unik, mulai dari potongan rambut yang unik dan diwarnai, gaya berpakaian yang berlebihan, sampai ke gaya menulis pesan singkat yang membuat pembacanya pusing.

Alay sebenarnya muncul dari upaya seseorang untuk bisa mengikuti gaya hidup urban. Pembangunan yang sangat pesat di perkotaan membawa penduduk desa berlomba-lomba untuk datang ke kota. Dengan gaya hidup mereka yang berbeda dengan gaya hidup masyarakat perkotaan pada umumnya, mau tidak mau masyarakat desa berusaha untuk’menyesuaikan’diri mereka dengan gaya hidup di kota agar dianggap ‘ada’. Usaha ‘menyesuaikan’ diri ini mau tidak mau mengubah pola konsumsi masyarakat desa. Bukannya menjadi keren, alay justru terlihat norak. Gaya hidup mereka memang sudah terlihat seperti kaum urban, akan tetapi pola pikir mereka masih orang desa

Teks 1 menjelaskan tentang fenomena alam, sun dog; sedangkan teks 2 menjelaskan tentang fenomena sosial anak layangan (alay). Sebagai teks eksplanasi, kedua teks tersebut menjelaskan mengapa dua fenomena tersebut dapat terjadi.

 

Mengidentifikasi Kekurangan Teks Eksplanasi

Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan teks eksplanasi, kita dapat melihat dari tiga aspek, antara lain aspek isi, struktur teks, dan kebahasaan teks.

  1. Isi teks eksplanasi terkait dengan kejelasannya. Penjelasan mengenai suatu fenomena atau peristiwa dalam teks eksplanasi harus dibuat sejelas mungkin. Alasan mengapa fenomena/peristiwa itu dapat terjadi harus lengkap, serta fakta-fakta pendukung alasan tersebut juga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
  2. Kalimat-kalimat dalam teks eksplanasi harus padu dan mengikuti struktur teks eskplanasi. Seperti yang telah dijelaskan, stuktur teks eksplanasi diawali dengan pernyataan umum mengenai fenomena atau peristiwa yang akan dibahas, dilanjutkan dengan penjelasan mengapa hal tersebut bisa terjadi, dan diakhiri dengan kesimpulan.
  3. Teks eksplanasi harus ditulis berdasarkan dengan kaidah teks yang baku. Kaidah teks mencakup ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, dan keterpaduan paragraf

Perhatikanlah teks berikut.

Lahan untuk permukiman di DKI Jakarta termasuk barang langka. Jika pun ada, harganya sungguh selangit. Sementara itu, upaya pengembangan area permukiman ke wilayah timur, selatan, maupun barat mulai tersendatsendat.

Teks tersebut menjelaskan langkanya lahan permukiman di DKI Jakarta. Meskipun demikian, penjelasan tersebut tidak begitu lengkap. Teks tersebut memerlukan kalimat tambahan karena pembaca masih memerlukan penjelasan, terutama tentang penyebab tersendatnya pengembangan area permukiman. Dengan demikian, dari segi kejelasannya, teks tersebut belum begitu baik. Teks tersebut masih memerlukan kalimat tambahan untuk memperjelas pendapat yang tersaji di dalamnya.

Leave a Comment