Mengklasifikasi dan Mengidentifikasi Kekurangan Teks Hasil Observasi

Mengklasifikasi Teks Hasil Observasi

Teks hasil observasi dapat diklasifikasikan berdasarkan objek yang diamati. Objek tersebut bisa berupa hewan, tumbuhan, tempat, atau peristiwa alam. Teks hasil observasi ju ga bisa berupa laporan hasil percobaan. Bila teks hasil observasi merujuk pada suatu percobaan, maka yang perlu diamati adalah kondisi sebelum dan sesudah dilakukan percobaan.

Untuk lebih jelas, perhatikan teks berikut :

TEKS 1

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara pertama kali diresmikan pada 10 September 1995 oieh Presiden Soeharto. Prasasti peresmiantaman bunga ini terbuat dari batu vulkanik yang disimpan di depan pintu gerbang.Taman ini memiliki luas 35 hektare. Lahan seluas itu kemudian dibagi menjadi beberapa fungsi, yaitu 23 hektare untuk taman bunga, 7 hektare untuk taman bermain anak-anak, 2 hektare untuk taman pembibitan, dan 3 hektare untuk fasilitas restoran.

Pada saat pertama kali sampai ke lokasi dan duduk-duduk di bawah pohon pinus, saya memperhatikan serombongan petugas kebersihan, sebagian besar adaiah ibu-ibu. Mereka bersiaga untuk memungut setiap sampah yang disebabkan oleh kegiatan rombongan, seperti sampah bekas minuman dan makanan. Mereka begitu sigap memungut sampah yang dibuang sembarangan oleh pengunjung. Satu hal penting yang saya peroleh di sana adalah bahwa kesadaran akan pentingnya kebersihan iingkungan dapat menghasilkan keindahan yang tuar biasa nikmat.

________________

Teks ini merupakan contoh teks hasil observasi terhadap suatu objek atau tempat. Hasil yang didapat adalah keadaan tempat dan orang-orang yang ada di sana.

 

TEKS 2

a. Judul      :  Pengaruh Cahaya Matahari terhadap Pertumbuhan Tanaman Kacang Hijau

b. Tujuan   : Mengetahui benar tidaknya pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau.

c. Alat dan bahan:

  • 3 buah wadah air mineral kemasan gelas
  • Kapas secukupnya
  • Beberapa bibit tanaman kacang hijau
  • Air secukupnya
  • Spidol

d. Cara kerja:

  1. Rendamlah beberapa bibit tanaman kacang hijau. Biarkan beberapa saat.
  2. Pilih bibit tanaman kacang hijau yang tumbuh untuk ditanam.
  3. Siapkan 3 buah wadah air mineral kemasan gelas.
  4. Beri label pada tiap wadah dengan tulisan “pot 1”, “pot 2”, dst.
  5. Letakkan beberapa kapas dengan ketebalan masing-masing 1 cm pada tiap wadah.
  6. Tanamlah pada tiap wadah tersebut 5 bibit tanaman kacang hijau.
  7. Letakkanlah wadah yang pertama pada tempat yang terkena cahaya matahari, wadah kedua di tempat redup, dan wadah ketiga di tempat yang sama sekali tak terkena cahaya matahari.
  8. Siramilah ketiga wadah tersebut dengan jumlah air yang sama banyak (secukupnya) secara rutin setiap pagi dan sore hari.
  9. Amati pertumbuhan ketiga tanaman kacang hijau tersebut dan masukkan data-data hasil pengamatan pada tabel yang telah disediakan.

e. Proses Pengamatan

Tabel Pot 1 , (diletakkan di tempat yang terkena cahaya matahari)

Hari Ke- Jumlah daun Tinggi Batang (cm) Kualitas Tanaman
1 0 0,3 Tanaman segar, daun berwarna hijau tua, batang tanaman tumbuh ke atas, hanya saja pertumbuhan tanaman sangat terhambat, tanaman juqa agak layu karena mendapat terlalu banyak sinar matahari
2 0 0,6
3 0 1,9
4 1 3
5 2 6
6 2 9,2
7 2 15

Tabel Pot 2 , (diletakkan di tempat yang redup)

Hari Ke- Jumlah daun Tinggi Batang (cm) Kualitas Tanaman
1 0 0,5 Tananaman segar, daun berwarna hijau tua, batang tumbuh ke atas.
2 0 1,3
3 1 5
4 1 11
5 2 18,3
6 2 20,5
7 2 22,7

Tabel Pot 3 (diletakkan di tempat yang tidak terkena cahaya matahari)

Hari Ke- Jumlah daun Tinggi Batang (cm) Kualitas Tanaman
1 0 0,7 Tananaman sedikit layu, daun berwarna hijau kekuningan dan terlihat pucat, batang tumbuh melengkung, pertumbuhan tanaman berjalan sangat cepat
2 0 3,4
3 1 7,9
4 1 12
5 2 19,1
6 2 22
7 2 24

Dari hasil pengamatan, tanaman kacang hijau yang tumbuh di daerah gelap, pertumbuhannya lebih cepat daripada tanaman yang terkena cahaya matahari maupun di tempat redup karena kerja hormon auksin tidak dihambat oleh cahaya matahari. Auksin adalah hormon tumbuh yang banyak ditemukan di sel-sel meristem. Akan tetapi, batang tanaman kacang hijau ini tidak bisa tegak dan daun tanaman pun tampak layu serta berwarna agak pucat. Hal ini terjadi karena tanaman sama sekali tidak mendapat cahaya matahari sehingga tanaman tidak mampu menghasilkan karbohidrat untuk pembentukan klorofil.

Untuk tanaman kacang hijau yang tumbuh di tempat redup, pertumbuhannya normal. Tanaman tampak segar karena mendapatkan cukup cahaya matahari. Daun tanaman berwarna hijau tua. Hormon auksin berjalan dengan normal yang mengakibatkan batang tanaman tidak terlalu tinggi.

Untuk tanaman yang tumbuh di tempat terkena cahaya matahari pertumbuhannya mengalami hambatan. Karena hormon auksin terhambat oleh cahaya matahari, tanaman menjadi kerdil. Namun, tekstur batang tanaman kuat dan warna daun hijau tua dan segar karena mendapatkan terlalu banyak sinar matahari.

Oleh karena itu, jumlah intensitas cahaya matahari sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau.

____________

Teks ini merupakan teks hasil observasi terhadap suatu percobaan. Hasil yang didapat adalah hasil pengujian terhadap hipotesis penelitian/ percobaan serta hasil dari pengamatan yang dilakukan.

 

Mengidentifikasi Kekurangan Hasil Observasi

Perhatikan teks berikut.

Kegiatan diikuti oleh 160 siswa dan guru. Selama kegiatan berlangsung, semua peserta sehat-sehat saja. Hanya ada satu peserta yang pingsan saat api unggun akan dinyalakan. Setelah diperiksa dokter, temyata siswa tersebut hanya ketakutan. Minggu pagi, esok harinya, semua peserta bersiap-siap untuk pulang.

_______________

Teks di atas merupakan bagian dari teks hasil observasi berupa sebuah laporan kegiatan. Dari segi kejelasannya, teks tersebut kurang bagus karena hanya sedikit yang dilaporkan. Agar lebih jelas, teks ini memerlukan tambahan kalimat yang dipakai untuk menjelaskan lebih detail tentang objek yang diamati. Misalnya, jalannya kegiatan, pembagian tugas para peserta, juga tingkat keberhasilan dari kegiatan tersebut.

Apabila teks ini adalah sebuah ringkasan laporan, teks ini dapat dikatakan cukup baik karena informasi yang disebutkan sudah mencakup hal-hal inti seperti jumlah peserta, keadaan peserta, dan keselamatan peserta selama kegiatan berlangsung.

Perhatikan pula teks berikut.

Ratusan ibu rumah tangga berunjuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di Bundaran Hotei Indonesia. Para demonstran membawa alat masak seperti panci dan kompor. Tampil sebagai tokoh dalam unjuk rasa itu adalah aktris Titi Qadarsih yang mengenakan penutup mulut.

Mereka menuntut pembatalan kenaikan harga BBM karena capat memiskinkan rakyat. Menurut mereka, untuk menutupi utang pemerintah dan kurangnya anggaran dapat dilakukan melalui penghematan arggaran belanja negara.

___________________

Teks di atas melaporkan kegiatan demonstrasi yang dilakukan ibu-ibu terhadap rencana kenaikan BBM oleh pemerintah. Dalam teks disebutkan kegiatan dan tuntutan mereka; juga tokoh yang terlibat dalam kegiatan itu. Teks tersebut cukup jelas bila ditinjau dari sudut kegiatan para demonstrannya. Namun, isi teks tersebut perlu dilengkapu oleh sikap pemerintah atas kenaikan BBM itu sehingga laporannya menjadi berimbang.

 

Memaknai Teks Hasil Observasi

Melalui kegiatan observasi, kamu akan mendapatkan fakta yang lebih jelas dan lengkap dibandingkan dengan kegiatan lainnya. Misalnya, tentang kegiatan petani di sawah. Dengan observasi, kamu akan mendapatkan fakta-fakta mengenai kegiatan petani yang iebih rinci dibandingkan hanya dengan membaca buku atau mewawancarai narasumber.

Dengan demikian, kegiatan observasi penting dalam memperoleh penjelasan yang jelas dan lengkap mengenai suatu objek, peristiwa, atau fenomena. Ketika sedang melakukan observasi, kamu memakai seluruh indra, mulai dari indra penglihatan, pendengaran, sampai indra peraba. Semua pengamatan itu dilengkapi dengan pencatatan dan perekaman. Dengan hasil ini, hasil tulisan kamu akan lebih jelas dan pembaca pun akan lebih percaya karena tersedia fakta-fakta yang langsung diperoleh dari sumbernya. Contoh, penjelasan mengenai kehidupan di dasar laut tentu akan lebih berbobot bila disampaikan oleh seorang penyelam dibandingkan bila hanya didapat melalui buku atau televisi.

Leave a Comment