Mengidentifikasi Kekurangan Teks Eksposisi

Untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan teks eksposisi, kita dapat melihatnya melalui tiga aspek, yakni isi, susunan, dan bahasanya.

a. Isi teks eksposisi terkait dengan kejelasannya.

  • Apakah pernyataan-pernyataan yang dikemukakan sudah lengkap?
  • Apakah fakta-fakta yang dikemukakan dapat dipertanggungjawabkan?

b. Susunan teks eksposisi terkait dengan urutan ataupun pola pengembangannya.

  • Apakah kalimat-kalimatnya sudah padu?
  • Apakah urutan-urutan kalimatnya menggambarkan pola yang benar?

c. Bahasa teks ekposisi berkaitan dengan kelugasan kata dan keefektifan kalimat-kalimatnya

  • Apakah kata-katanya mengandung makna yang lugas atau tidak bermakna ganda?
  • Apakah kalimat-kalimatnya sudah efektif sehingga mudah dipahami?

Dengan pertanyaan-pertanyaan seperti ituiah, kita dengan mudah dapat mengetahui keunggulan dan kelemahan satu teks eksposisi. Perhatikan contoh teks berikut.

Hanya selang tiga pekan, banjir dan tanah iongsor kembali melanda Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, dan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (29/9), akibat hujan deras sejak Rabu malam. Banjir yang menggenangi lima desa di Kecamatan Watulimo ini, tidak memakan korban jiwa. Meskipun demikian, akibat tanah Iongsor, hubungan darat dan transportasi antara Trenggalek dan Watulimo menjadi putus total.

Teks di atas mengemukakan informasi tentang peristiwa banjir dan tanah Iongsor di Kecamatan Watulimo. Informasi yang dimaksud mencakup waktu dan tempat terjadinya peristiwa itu.

Teks tersebut disusun dengan pola sebab-akibat atau kausalitas. Hal tersebut mudah diidentifikasi karena ada penggunaan kata akibat di dalamnya, yaitu Akibat dari banjir dan Iongsor itu, lima desa tergenang dan transportasi menjadi putus total.

Dari segi penggunaan bahasa, pilihan katanya sudah lugas, tidak ada yang dapat menimbulkan salah tafsir. Hanya saja, kalimat-kalimatnya terlalu panjang sehingga sulit dipahami. Bahkan, ada bagian yang tidak jelas maksudnya. Berikut ini perbaikan untuk kalimat-kalimat dalam teks tersebut:

 

Kalimat Awal Perbaikan
Hanya selang tiga pekan, banjir dan tanah Iongsor kembali melanda Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, dan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (29/9), akibat hujan deras sejak Rabu malam. Hanya selang tiga pekan, banjir dan tanah Iongsor kembali melanda Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, dan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (29/9).
Banjir yang menggenangi lima desa di Kecamatan Watulimo ini, tidak memakan korban jiwa. Banjir itu menggenangi lima desa di Kecamatan Watulimo. Untungnya, banjir tersebut tidak memakan korban jiwa
Meskipun demikian, akibat tanah Iongsor, hubungan darat dan transportasi antara Trenggalek dan Watulimo menjadi putus total Meskipun demikian, longsorannya mengakibatkan jalan darat antara Trenggalek dan Watulimo putus

total.

Leave a Comment