Menggerakkan Geliat Batik Tulis Tancep

0 123

Menggerakkan Geliat Batik Tulis Tancep

Ragam potensi yang ada di Kecamatan Ngawen, masih belum dapat terekspos dengan baik, mungkin memang dari pengelolaan yang belum maksimal, atau mungkin juga kecenderungan masyarakat yang “nrimo ing pandum”, sehingga motivasi untuk mengembangkan diri belum bergeliat dengan baik. Dari berbagai potensi ada salah satu potensi yang sebenarnya sudah cukup membumi, yaitu Batik Tancep, kerajinan batik yang berada di Desa Tancep Kecamatan Ngawen sebenarnya sudah cukup memiliki nama, karena memang untuk Batik Tancep ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan batik dari daerah lain.  Karena pewarna yang di gunakan adalah pewarna alam, Batik Tancep ini di pelopori oleh “Kelompok Batik Warna Alam “Nur Giri Indah” yang beralamat di Dusun Sendangrejo, Desa Tancep, Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunungkidul.

Perkembangan Batik Tulis Warna Alam Tancep ini tak lepas dari kegigihan  Ibu Sriharjoko yang akrab dipanggil Mbah Sri yang sudah membatik sejak kecil. Perjalanan Mbah Sri membentuk kelompok batik warna alam ‘Nur Giri Indah’ ini cukup terjal berliku. Disela-sela rutinitas beliau menjadi buruh batik di Sumiharjo dan Winotosastro Yogyakarta, Mbah Sri ini mulai berpikir untuk mengajak tetangga sekitar rumah untuk mengerjakan batik meski hanya sebagai buruh nyorek saja. Ketika warga sekitar menyambut kegiatan membatik ini dan menjadikannya sebagai pekerjaan utama, Mbah Sri kemudian mencoba bangkit dan berniat membentuk kelompok batik sendiri.

Berbekal tekad dan semangat yang kuat inilah akhirnya keinginan Mbah Sri untuk membentuk kelompok batik terwujud. Pada tahun 1992 kelompok batik warna alam “Nur Giri Indah” resmi berdiri hingga sekarang. Saat ini terdapat sekitar 40 orang pembatik di Sendangrejo, dan 18 orang (terdiri dari 13 orang perempuan dan 5 orang laki-laki) di antaranya telah tergabung dalam Kelompok Nur Giri Indah. Usia rata-rata mereka adalah 20-60 tahun. Beberapa tahun kemudian mulai bermunculan dan berkembang kelompok-kelompok Batik yang ada di Desa Tancep.

Source https://ngawengunungkidul.wordpress.com/ https://ngawengunungkidul.wordpress.com/2014/09/06/menggerakkan-geliat-batik-tulis-tancep/
Comments
Loading...