Menggambar Ragam Hias Motif Batik Dengan Cara Stilasi

0 979

Menggambar Ragam Hias Motif Batik Dengan Cara Stilasi

Kain batik bermotif tumbuhan, binatang, atau motif alam lainnya, bagaimanapun bentuknya, motif yang ditorehkan pada selembar kain batik pasti selalu mempunyai makna tersembunyi. Tidak terkecuali untuk motif batik stilasi yang diperoleh dari pengembangan bentuk alami dari sebuah obyek. Dalam istilah desain kata stilasi sendiri dapat didefinisikan sebagai proses penggayaan dan penyederhanaan bentuk realistis benda (obyek) menjadi bentuk dekoratif sehingga benda tersebut terlihat lebih indah dan menarik tanpa harus meninggalkan bentuk maupun karakter aslinya. Stilasi dimaksudkan untuk memudahkan seseorang pada saat menorehkan canting berisi lilin cair pada kain mori batik hingga membentuk sebuah obyek tertentu. Tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa stilasi dalam batik merupakan wujud ketaatan atas larangan membuat tiruan mahluk hidup yang ada dalam ajaran Islam.

Hasil gambar untuk Menggambar Ragam Hias Motif Batik Dengan Cara Stilasi

Banyak ragam hias yang biasa diaplikasikan pada motif batik setidaknya dikenal dua macam obyek yang dapat distilasi, obyek yang dimaksud yaitu berupa benda alam dan benda buatan.

  • Benda alam : manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan.
  • Benda buatan : benda-benda berbentuk geometris yang dibuat dengan alat mekanik.

Prinsip kerja yang dapat diterapkan dalam proses stilasi motif batik antara lain:

  • Menggambar bentuk asli obyek atau benda dari beberapa sudut arah pandangan, misalnya tampak depan, samping, belakang, samping, bawah, dsb.
  • Mencari bagian yang akan menjadi objek kemudian menterjemahkannya menurut gaya sendiri.
  • Agar lebih indah dan menarik, gambar stilasi perlu dilengkapi dengan isen-isen berupa variasi titik, garis, blok, dan warna dengan memperhatikan ciri serta sifat khas sumbernya.

Proses pembuatan motif batik dengan metode stilasi terdapat suatu kebebasan, tetapi anda juga harus mempertimbangkan pula ketentuan sebagai berikut :

  • Stilasi yang dibuat harus memberikan bentuk yang tegas.
  • Memiliki kesan datar.
  • Memiliki bentuk oranamen yang indah.
  • Tidak meninggalkan ciri-ciri yang mendukung karakter motif atau bentuk sumbernya.
Source Menggambar Ragam Hias Motif Batik Dengan Cara Stilasi Batik
Comments
Loading...