Mengenal Wisata Batik Kota Surabaya

0 184

Kain batik menjadi salah satu ikon Indonesia yang cukup terkenal di dalam negeri maupun luar negeri. Banyak daerah penghasil batik yang membuat Indonesia cukup kaya akan ragam batik. Tiap-tiap daerah memiliki corak dan kekhasan tersendiri yang sangat unik dan beragam. Beberapa daerah yang saat ini cukup terkenal dengan batiknya adalah Yogyakarta, Solo, dan Pekalongan. Tetapi daerah lain pun mulai mengembangkan variasi motif batik contohnya Surabaya yang juga mempunyai produk batik dengan corak dan ciri khasnya.

Beberapa tahun belakangan ini batik Surabaya mulai mendapatkan perhatian khusus dan mulai dikembangkan seiring dengan program-program Pemkot Surabaya. Wali Kota Surabaya Ibu Risma terus memotivasi para pengrajin batik agar terus meningkatkan dan memajukan industri kreatif batik. Wali Kota juga berharap warga Surabaya semakin mandiri di bidang industri kreatif batik dan bisa bersaing di pasar bebas apalagi di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) seperti saat ini.

Kota Surabaya juga mempunyai kampung batik yang memang merupakan pusat batik di Surabaya dan menjadi rujukan wisata batik di Surabaya. Kampung batik itulah para produsen batik Surabaya berkumpul menjadi satu. Kampung Batik Surabaya terletak di Jl. Tambak Dukuh I No. 4 Surabaya. Kampung batik berdiri atas ide wanita asal Madura Hj Faiqah Ismail yang sejak kecil memang sudah akrab dengan batik. Selain itu Ibu Hj Faiqah Ismail berinisiatif menjadikan kampungnya sebagai kampung batik karerna sebagian besar lingkungannya merupakan pengrajin batik.

Selain kampung batik Tambak Dukuh, masih ada lagi ukm batik di Surabaya mulai berkembang yaitu Kampung Batik Mangrove Wonorejo. Berbeda dengan batik umumnya, batik mangrove ini memiliki keunikan pada motif dan bahan pewarna batik. Batik mangrove Surabaya memiliki motif yang identik dengan tumbuhan mangrove dan juga pewarnaan alami dari bungan serta tanaman mangrove. Kampung batik mangrove didirikan oleh Lulut Sri Haryani aktivis forum peduli Lingkungan di daerah Rungkut, Surabaya.

Source Mengenal Wisata Batik Kota Surabaya Batik Surabaya
Comments
Loading...