Mengenal Motif Batik Cuwiri yang Bertugas Menyambut Sebuah Kelahiran

0 54

Dalam adat Jawa terutama, kita juga pernah mendengar tradisi “mitoni” atau “tingkeban”. Sebuah acara sakral namun tetap dalam suasana berbahagia menyambut kelahiran seorang bayi. Dalam tradisi Jawa, tidak ada yang tidak memiliki makna dan filosofi, bahkan dari alat dan penggunaannya juga memiliki filosofi dan makna yang berbeda.

Bagi sebagian besar orang motif batik Cuwiri hanya salah satu motif batik diantara ratusan bahkan ribuan motif yang telah diciptakan. Sebagai salah satu motif batik klasik, motif cuwiri mirip dengan motif semenan, namun filosofinya berbeda.

Seorang bayi baik yang masih di dalam kandungan ataupun sudah dilahirkan ke dunia pasti diharapkan oleh kedua orang tua menjadi anak yang berbakti dan menjadi seorang yang seperti diharapkan kedua orang tua.

Begitu juga motif batik cuwiri, diharapkan ketika sang ibu memakai batik dengan motif cuwiri maka anaknya nanti akan mendapatkankan derajat yang seperti diharapkan oleh kedua orang tuanya. Selain itu, batik motif cuwiri juga digunakan untuk menggendong bayi, dengan harapan sang bayi akan lebih nyaman dalam gendongan ibunya.

Source https://indonesianbatik.id/2018/04/28/mengenal-motif-batik-cuwiri-yang-bertugas-menyambut-sebuah-kelahiran/ indonesianbatik.id
Comments
Loading...