Mengenal Lebih Jauh Batik Cimahi yang Sudah Dipatenkan

0 25

Mengenal Lebih Jauh Batik Cimahi yang Sudah Dipatenkan

Batik Cimahi masih  terdengar  kurang  familiar di telinga. Selama ini kita mengenal daerah perajin batik  di Jawa Barat adalah Cirebon dengan motif batik mega mendungnya, atau  Garut dengan motif geometris. Selain Cirebon dan Garut, ada juga Sumedang, Ciamis, Indramayu yang juga merupakan daerah perajin batik.  Menurut Miela, salah seorang pekerja dari Batik Cimahi Anggraeni, Batik Cimahi memiliki motif khas yakni bambu, daun sampeu  juga  sampeu (singkong), serta kujang.  Motif bambu diambil dari pohon bambu dari daerah Ciawitali, sementara daun singkong atau singkong dari dari daerah Cirendeu yang mana masing-masing  daerah itu terkenal dengan bambu dan singkongnya.

Kalau kujang merupakan senjata khas Jawa Barat. Ketiga motif tadi merupakan pakem motif batik khas Cimahi. Bambu, daun sampeu, dan kujang sudah menjadi pakem Batik Cimahi, meskipun  ada motif lainnya juga seperti motif angklung, bunga dan tentara dimana Cimahi merupakan daerah yang banyak dihuni oleh keluarga tentara.  Perajin Batik Cimahi, khususnya Batik Anggraeni  tak sekedar mendesain batiknya hanya dengan satu motif saja, tapi juga memodifikasinya, misalnya batik motif bambu dipadupadankan dengan motif angklung, atau daun singkong  dengan kujang, dan sebaliknya.  Sementara urusan warna, Batik Cimahi tak segan menggunakan warna-warna cerah, seperti merah, kuning, hijau, biru sehingga Batik Cimahi terlihat atraktif dan menawan.

Batik Cimahi bisa dibilang batik keluaran baru. Ketika itu pada bulan Juli 2009, Itoch  Tochija, Walikota Cimahi mencetuskan ide untuk mengembangkan Batik Cimahi yang memiliki ciri khasnya sendiri.  Ide tersebut kemudian diimplementasikan melalui  kompetisi batik yang diadakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Cimahi yang diketuai oleh Ny. Atty Suharti Tochija yang tak lain adalah istri Pak Walikota. Lewat ajang kompetisi itulah, di antaranya batik bermotif kujang, daun sampeu, dan bambu  lolos sebagai pemenangnya. Motif-motif itu pun kemudian dipatenkan dan kini telah menjadi motif batik khas milik Cimahi.

Sekarang ini selain Batik Cimahi Anggraeni, ada juga  Galeri Lembur Batik yang merupakan perajin Batik Cimahi yang sudah dikenal di Kota Cimahi. “Di Galeri Batik Anggraeni, kami memproduksi batik dengan warna-warna limited edition, jadi warna-warna batik Anggraeni tidak pasaran,” ujar Miela. Harga Batik Cimahi yang dijualnya berkisar antara  Rp 75 ribu – Rp 1,6 juta. Proses pembuatan Batik Cimahi paling lama memakan waktu dua minggu, paling sedikit 2-3 hari. Proses pembuatan batik yang memakan waktu lama adalah batik tulis  dengan sistim smok yang menghasilkan warna batik pada motifnya bergradasi. Batik tersebut dibandrol harga ratusan hingga jutaan rupiah mengingat prosesnya yang cukup rumit dan lama.  Sementara batik termurah merupakan batik dengan proses pemotifan yang paling simple yakni menggunakan cap. Pemkot Cimahi telah menerapkan kebijakan pada pegawai kantoran juga sekolah-sekolah untuk mengenakan Batik Cimahi pada hari Rabu, dan batik bebas di hari  Jumat. Hal tersebut merupakan dukungan Pemkot untuk melestarikan dan mengembangkan Batik Cimahi.

Source http://bandungupdate.com/ http://lifestyle.bandungupdate.com/read/442/10/5/2014/mengenal-lebih-jauh-batik-cimahi-yang-sudah-dipatenkan#.Wtk9wC5ua1s
Comments
Loading...