Mengenal Kain Batik Prada

0 879

Mengenal Kain Batik Prada

Dalam bahasa Jawa “prada” berarti emas. Jadi Batik Prada itu sebenarnya merupakan kain  batik tulis, batik cap atau batik kombinasi yang sebagian dari motifnya (gambarnya) diberi sentuhan unik berupa lapisan warna keemasan sesuai dengan selera dan kebutuhan pemakainya.

Batik Prada sebenarnya mulai mencuat ketika almarhum Iwan Tirta menggunakan jenis kain batik ini untuk membuat gaun-gaun malam yang identik dengan kesan glamour dan mewah. Penambahan lapisan keemasan pada batik prada yang diaplikasikan dengan menggunakan canting tulis atau kuas tentunya akan menambah kesan mewah dan anggun pada kain yang dihiasnya.

Jauh sebelum digunakan oleh masyarakat luas, jenis batik Prada ini awalnya hanya dipakai oleh keluarga kerajaan Yogyakarta dan Surakarta pada perayaan tertentu. Dulu batik Prada di Yogyakarta dan Surakarta banyak terlihat dalam bentuk daun-daun kecil yang ditempelkan pada kain. Bahan yang digunakan dalam menghias kain batik pun dulu sebagian besar dibuat dari serbuk emas asli, tapi sekarang emas yang terdapat pada batik Prada sudah banyak yang memakai cat.

Meski bahan yang digunakan berbeda namun tujuannya tetap sama yaitu agar kain batik yang sudah lama terlihat kembali seperti baru. Tidak hanya terbatas pada warna emas saja, tetapi warna-warna yang diaplikasikan pada batik Prada itu sendiri semakin lama juga semakin beragam. Maka jangan heran jika anda menjumpai kain batik Prada yang dihiasi dengan bahan berwarna perak, biru, merah, atau hijau.

Source Mengenal Kain Batik Prada Batik
Comments
Loading...