Mengenal Eksotika Batik Kalimantan

0 160

Mengenal Eksotika Batik Kalimantan

Batik Kalimantan merupakan salah satu batik yang berasal dari indonesia. Kain yang terkenal sebagai ciri khas bangsa Indonesia ini juga merupakan ciri khas dan juga identitas masing-masing suatu derah. Batik Kalimantan dulu konon muncul dari cerita rakyat Kalimantan. Sejarahnya pada masa pemerintahan patih lambung mangjurut, si patih pergi untuk bertapa dan pergi menggunakan rakit. Kemudian si patih sampai pada suatu wilayah yang bernama bagantung.

Saat berada di rakit si patih melihat buih-buih yang ada di dalam sungai muncul yang diringi suara wanita. Pada saat itu disebut warga sekitar seorang putri yang bernama junjung buih. Dan setelah kejadian itu warga percaya bahwa si patih tersebut adalah raja yang cocok untuk kampung tersebut. Akan tetapi karena si putri yang muncul kepermukaan air, putri tersebut meminta beberapa syarat agar desa dan raja tersebut dapat hidup aman dan damai. Syarat dari putri tersebut adalah harus membuat istana patung, dan si putri meminta kain yang ditenun ataupun harus di cap. Itulah asal mula batik kalimantan.

Batik Kalimantan dulunya digunakan oleh kaum adam sebagai selendang, ikat kepala khas Kalimantan dan juga digunakan sebagai sabuk. Dan untuk perempuan biasannya digunakan sebagai kemben untuk acara adat di Kalimantan. Motif batik Kalimantan memiliki motif yang berbeda disetiap daerahnya, seperti di kalimantan tengah yang terkenal dengan nama batik benang bintik. Di Kalimantan selatan juga terkenal dengan nama sasirangan. Di Kalimantan timur kain batik ini terkenal dengan nama kain shasho.

Proses pembuatan Batik Kalimantan ini berbeda dengan batik pada umunya yang kita lihat. Bila biasanya kita melihat batik yang tulis atau batik cap, tapi batik Kalimantan ini ditambah dengan metode penjahitan atau rajut. Jadi proses pembuatnya perpaduan antara batik yang biasa kita lihat dengan songkletan tangan dari masyarakat Kalimantan. Biasanya motif yang banyak digunakan oleh masyarakat Kalimantan adalah motif burung egang yang merupakan symbol kebaikan. Selanjutnya ada motif Mandau yang mencerminkan senjata khas dari Kalimantan yang biasa kita kenal dengan senjata warga dayak. Motif umum yang terakhir ada batang garing yang menurut warga merupakan symbol kehidupan suku dayak di Kalimantan.

Source https://www.batiknulaba.com/ https://www.batiknulaba.com/blog/news/mengenal-eksotika-batik-kalimantan/
Comments
Loading...