Mengenal Corak Batik Bekasi

0 285

Mengenal Corak Batik Bekasi

Berbagai corak dan Motif Batik Bekasi terlihat sama dengan batik-batik lainnya yang sering dijumpai dari berbagai daerah yang lebih dulu terkenal, seperti Batik Pekalongan, Solo, dan lain sebagainya. Namun jika diperhatikan lebih teliti, ada beberapa perbedaan yang menjadikannya khas Bekasi. Salah satu pemilik dan pengusaha batik khas Bekasi yakni Bu Dede yang juga telah tergabung ke salah satu UMKM oleh Disperindagkop menjelaskan, ada beberapa perbedaan Batik Bekasi dengan batik dari daerah lain.

Yang membedakan Batik Bekasi dengan lainnya adalah warna-warnanya yang cenderung terang. Batik Bekasi memiliki warna lebih cerah. Itu yang menjadi khas dan keunggulan Batik Bekasi. Terkait motif, dirinya mengatakan bahwa Batik Bekasi mengambil beberapa unsur alam seperti flora dan fauna. Selain itu, jelasnya, ada pengembangan dalam konteks kesejarahan, seperti patriotisme. Misalnya, bagaimana menuangkan spirit patriotisme ke dalam batik.

Sejarah Batik Bekasi sudah berlangsung sejak lama sekali. Ternyata orang-orang zaman dulu di Bekasi sudah mempunyai kebiasaan membatik. Namun karena perkembangan zaman, kebiasaan itu berangsur hilang. Batik Bekasi ini bisa didorong sebagai salah satu produk atau karya unggulan. Batik Bekasi harus terus dipromosilan atau disosialisasikan agar semakin dikenal. Tidak hanya dalam skala nasional, tetapi juga internasional. Upaya pengembangan Batik Bekasi memiliki dua nilai positif. Pertama, bagian dari upaya pelestarian budaya Bekasi. Kedua, menjadi salah satu sektor industri yang bisa memberdayakan dan mendorong perekonomian warga Bekasi.

Source Mengenal Corak Batik Bekasi Batik
Comments
Loading...