Mengenal Batik Wonogiren Tirtomoyo

0 282

Mengenal Batik Wonogiren Tirtomoyo

Batik yang dikenal dengan sebutan batik Wonogiren yang mempunyai karakter khas pada motif dan corak kain batik. Ciri khas ini ditandai pada corak pecah-pecah pada kain batik yang dihasilkan. Batik Wonogiren telah menjadi mata pencaharian bagi sebagian masyarakat  Kabupaten Wonogiri. Seperti yang dilakukan oleh  Daryono, sebagai salah satu pelaku usaha kecil produsen Batik Wonogiren yang ada di Kecamatan Tirtomoyo.

Jenis Motif Batik Wonogiren

Batik Wonogiren  terdapat 2 macam yaitu Batik Wonogiren Tradisi Tirtomoyo dan Batik Wonogiren Pengembangan. Contoh jenis Motif Batik Wonogiren Tradisi Tirtomoyo adalah Manyar Sewu, Ratu Ratih, Sido Drajat, Suryo Suwito, Sido Asih, Tirto Tedjo Kusumo, Simbar, Wahyu Temurun, Sido Mulyo. Contoh Batik Wonogiren Pengembangan adalah Motif Gajahan, Motif Satriyo Manah, Motif Kupu Kongket, Motif Urang, dan Motif Alas-alasan.

Estetika yang Terkandung di Dalam Batik

Batik Wonogiren Tradisi Tirtomoyo diungkap dengan menggunakan dasar teori estetika dari Darsono Sony Kartika, terdapat 4 macam nilai dasar yang digunakan yaitu nilai intrinsik, nilai ekstrinsik, nilai estetis murni, dan nilai estetis tambahan. Dari dasar tersebut remukan menjadi nilai estetika utama yang ada pada setiap Batik Wonogiren. Dari seluruh bentuk motif yang ada di Batik Wonogiren Tradisi Tirtomoyo remukan menjadi ciri utama atau eksklusif dari Batik Wonogiren Tradisi Tirtomoyo.

Source Mengenal Batik Wonogiren Tirtomoyo Batik
Comments
Loading...