Mengenal Batik Sawit

0 40

Mengenal Batik Sawit

Besarnya keterlibatan masyarakat Indonesia dalam proses membatik, juga menjadi andalan utama dalam penggunaan lilin malam. Jika, lilin malam yang digunakan masih berbasis minyak bumi mentah, maka di masa mendatang, lilin malam bisa berbasis minyak bumi, yang dapat dihasilkan melalui penggunaan bio wax parafin.

Bila teknologi bio wax parafin untuk menghasilkan lilin malam bisa dilakukan di Indonesia, maka salah satu warisan budaya dunia yaitu Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi (Masterpieces of the oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO pada tanggal 28 September 2009 lalu, bisa terus dilestarikan di Indonesia.

Pentingnya melestarikan budaya dunia, menjadi bagian tak terpisahkan dari keberadaan minyak sawit yang sangat dibutuhkan kehidupan manusia di planet bumi. Lantaran, keberadaan minyak sawit bukan hanya dikonsumsi manusia sebagai minyak makanan dan non makanan. Fakta berikutnya, minyak sawit dapat digunakan sebagai sumber energi terbarukan yang sangat dibutuhkan manusia.

Terlebih, adanya kebutuhan lilin malam berbasis minyak sawit, juga memperkuat keberadan minyak sawit sebagai garda terdepan dalam menjaga warisan budaya dunia batik. Memang kebutuhan konsumsinya tidak terlalu besar, namun bila dapat terpenuhi dari minyak sawit dengan sendirinya, akan mampu mengurangi limbah yang merusak lingkungan.

Pasalnya, minyak sawit merupakan sumber bio wax parafin yang digunakan sebagai lilin malam dalam membatik, maka keberadaan limbah yang dihasilkan dapat mudah terurai kembali ke alam. Pasalnya, minyak sawit sudah teruji dapat menghasilkan produk ramah lingkungan dan terbarukan. Sehingga, keberhasilan penggunaan lilin malam berbasis minyak sawit, turut menjaga lingkungan dan jadi masa depan budaya membatik.

Source https://www.infosawit.com https://www.infosawit.com/news/9031/mengenal-batik-sawit
Comments
Loading...