Mengenal Batik Lewat Buku Batik Sudagaran Solo

0 80

Mengenal Batik Lewat Buku Batik Sudagaran Solo

Kita semua tahu jika batik, merupakan kain Indonesia yang sudah dikenal di dunia. Namun, banyak masyarakat Indonesia yang kurang paham asal usul batik.

Apalagi batik memiliki motif yang begitu banyak. Melihat hal tersebut, kolektor Batik dan penulis batik, Hartono Sumarsono dalam acara Adiwastra Nusantara 2019 yang akan digelar pada 20-24 Maret di Hall A-B, JCC, Jakarta. Selain memamerkan koleksi batiknya, Hartono juga akan meluncurkan buku ke limanya yang bertajuk Batik Sudagaran Solo.

“Buku ke lima segera akan kita keluarkan. Judulnya batik Sudagaran Solo. Batik yang dibuat oleh saudagar di luar keraton. Karena di keraton sendiri tak sembarangan orang yang menggunakan batik khas keraton. Ternyata batik karya saudagar ini tak kalah bagusnya dengan keraton,” kata Hartono dalam siaran persnya.

Adiwastra Nusantara 2019 yang mengambil tema Wastra Adati Generasi Digital, menurut Hartono, sebagai pondasi bagi kaum milenial untuk aware terhadap budaya nusantara, dalam hal ini batik. Dia mengaku membuat buku tentang batik itu wujud dari keinginan untuk bersumbangsih kepada negeri ini. Termasuk membantu kaum milenial mencari referensi dalam hal batik.

“Saya merasa ada tanggung jawab untuk berkontribusi dalam bidang budaya khususnya batik dengan membuat buku soal batik Indonesia. Dalam buku-buku saya, ada sekitar 200 motif batik yang saya tampilkan dari berbagai referensi. Mungkin suatu saat nanti, buku saya atau referensi lain bisa didigitalisasi untuk lebih memudahkan lagi bagi milenial,” jelas dia.

Source https://www.fimela.com https://www.fimela.com/fashion-style/read/3901403/mengenal-batik-lewat-buku-batik-sudagaran-solo
Comments
Loading...