Mengenal Batik Bledak, Pesona Keindahan Batik Tulis Berlatar Warna Putih

0 10

Mengenal Batik Bledak, Pesona Keindahan Batik Tulis Berlatar Warna Putih

Batik tulis seperti yang sudah-sudah memiliki pewarnaan yang khas, entah dengan warna alam ataupun warna kimia. Yang pasti warna-warna dalam batik itu memiliki pesona dan filosofi tersendiri sesuai dengan ragam batiknya.

Ada warna sogan yang khas dengan warna kuning keemasan yang menjadi ciri khas batik-batik di Surakarta, atau warna-warna hitam yang menjadi ragam khas batik-di Yogyakarta, semuanya memiliki filosofi dan karakteristik yang membuat kita ingin lebih dalam mempelajari batik tulis.

Dan, seperti yang menjadi tema kita pada hari ini, ada batik dengan latar berwarna putih atau krem yang sering disebut dengan bledak. Batik ini seperti batik biasanya, namun penggunaan warna latar yang cerah (biasanya berwarna putih atau krem) menjadikan batik ini sedikit berbeda.

Penggunaan warna latar putih tersebut sebenarnya sudah banyak kita temukan baik di Lasem atau di Yogyakarta. Namun, mungkin banyak yang belum mengetahui apa nama batik tersebut, dan mana yang bisa disebut bledak.

Batik bledak didominasi oleh warna latar putih, sehingga penggunaan motif hanya sedikit dan sekitar 60% warnanya menggunakan warna putih. Dengan demikian motif yang dilukiskan pada batik akan terlihat lebih jelas.

Warna latar putih tersebut tidak mudah untuk membuatnya, karena membutuhkan malam yang lebih banyak untuk menutup area diluar area yang akan diberikan warna. Seperti yang kalian bisa lihat pada gambar tembokan di atas.

Warna putih yang dihasilkan juga tidak warna benar-benar putih, tetapi lebih memiliki warna krem karena efek dari pencelupan dan pewarnaan. Disamping itu, sebelum proses pewarnaan, proses nembok tersebut harus benar-benar menutupi seluruh area yang akan menjadi latar putih. Karena apabila terlalu tipis atau terlewat, maka latar putih atau bledak tersebut menjadi tercampur warna.

Batik bledak tersebut biasnya dikombinasi dengan warna-warna kalem dan dalam, seperti cokelat muda dan hitam kebiru-biruan. Dengan kombinasi itu, penggunaan motif pada batik bledak tersebut cenderung sedikit, selain menguatkan warna putih, juga sekaligus menguatkan motif yang ada di dalamnya.

Warna latar putih tersebut menjadi semakin mempesona dengan filosofi bahwa setiap kehidupan manusia itu berawal dari kesucian, dari warna putih yang merupakan anugerah Tuhan YME. Tinggal bagaimana kita mewarnai kehidupan itu menjadi lebih indah dengan motif-motif yang menjadi lambang diri kita semasa hidup.

Dan tentu saja, kita yang memilih menjalani kehidupan itu, bagus atau tidaknya motif, itu adalah bagian kehidupan manusia, tidak ada yang sempurna, tidak ada yang pantas untuk disombongkan. Karena pada akhirnya kita akan kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Source http://indonesianbatik.id http://indonesianbatik.id/2018/10/21/mengenal-batik-bledak-pesona-keindahan-batik-tulis-berlatar-warna-putih/
Comments
Loading...