Mengenal Batik Abstrak dari Kampung Batik Laweyan

0 28

Mengenal Batik Abstrak dari Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan Surakarta saat ini tengah mengembangkan batik motif abstrak yang digemari oleh konsumen milenial.

“Motif abstrak ini sebetulnya sudah lama ada, tetapi karena pemasaran belum optimal akhirnya tenggelam. Saat ini sedang kami promosikan kembali,” kata Perwakilan Forum Kampung Batik Laweyan Adiansyah di sela pameran UMKM sebagai rangkaian acara Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Benteng Vastenburg Solo, Jumat.

Ia mengatakan batik motif abstrak ini pembuatannya hampir sama dengan batik tulis. Oleh karena itu, harganya juga sama dengan batik tulis.

“Untuk baju harganya di kisaran Rp200 ribu/potong,” katanya.

Menurut dia, saat ini jumlah pengrajin di Laweyan yang mengembangkan batik motif tersebut ada sekitar 11 pembatik.

“Bahkan oleh Pemkot ada beberapa pembatik yang dikirim ke Jerman untuk diikutkan pelatihan pembuatan motif abstrak. Jadi hasilnya lebih baik,” katanya.

Selain mengembangkan motif abstrak, dikatakannya, saat ini para pembatik Laweyan juga tengah mengembangkan batik berwarna cerah.

“Biasanya kan orang tahunya batik lawasan, yang warnanya didominasi coklat. Kalau saat ini kami banyak menggunakan warna cerah, seperti oranye, kuning, hijau, dan merah,” katanya.

Sementara itu, mengenai pemasaran selain mengoptimalkan penjualan dari media sosial juga memanfaatkan fasilitas pameran dari instansi pemerintah.

“Seperti pameran saat ini, tetapi kali ini penjualannya tidak begitu bagus karena pengunjungnya sedikit. Sejak dua hari ini baru terjual 20 potong,” katanya.

Source https://jateng.antaranews.com https://jateng.antaranews.com/berita/203475/mengenal-batik-abstrak-dari-kampung-batik-laweyan
Comments
Loading...