Mengenakan Pakaian Batik Saat Upacara di Roma

0 62

Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober 2017 juga diperingati di Roma, Italia. Peringatan itu terselenggara dengan khidmat dalam sebuah upacara pada tanggal 2 Oktober 2017 di Kedutaan Besar Ri di Kota Roma. Tak hanya itu, keunikan lain dalam upacara ini adalah karena semua petugas dan peserta upacara mengenakan pakaian batik.

Inisatif itu muncul sebagai bagian dari ekspresi peringatan Hari BatikNasional. Duta Besar RI untuk Italia Esti Andayani pun mengungkapkan kegembiraan atas pelaksanaan upacara yang bertepatan dengan Hari Batik Nasional. Menurut dia, kesempatan itu dipakai sebagai ajang untuk mengungkapkan ekspresi masyarakat akan kebanggaannya terhadap warisan budaya Bangsa Indonesia yang sudah diakui dunia itu.

Dalam beberapa pekan terakhir, KBRI Roma juga menyelenggarakan pekan budaya Indonesia. Fokus dalam rangkaian kegiatan ini adalah promosi batik Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di berbagai wilayah Italia, seperti Reggio Emilia, Florence, dan Roma, dengan menggandeng perancang Novita Yunus dari label Batik Chic asal Jakarta.

Hal yang tak kalah menarik adalah, usai upacara, sebagian warga Indonesia yang masih mengenakan batik sengaja mengunjungi pusat wisata dan sejarah kota Romauntuk berpose bersama. Dalam kesempatan tersebut, wisatawan mancanegara maupun warga setempat menyapa sambil menanyakan tentang Indonesia.

Di Italia, keahlian membatik ternyata juga telah dikenal sejak puluhan tahun lalu. Hal ini dapat dilihat dari dua koleksi lukisan batik yang berada di Musium Salvatore Ferragamo. Di sana, ada karya dua orang siswa studi busana Italia dan lainnya kreasi seniman Franco Nava, keduanya diproduksi pada pertengahan tahun 1930-an.

Comments
Loading...