Mengembangkan Batik Giriloyo

0 142

Mengembangkan Batik Giriloyo

Para pengusaha batik di daerah Giriloyo perlu memperluas promosi batik mereka ke berbagai wilayah Indonesia dan juga luar negeri sehingga kain batik dan juga baju batik yang diproduksi di wilayah ini dapat lebih dikenal secara luas. Saat ini promosi batik khas Giriloyo ini masih terbatas hanya dilakukan di berbagai wilayah di daerah Yogyakarta dan juga di Jakarta saja yang berupa kegiatan pameran. Hal ini diungkapkan oleh ketua paguyuban pengarahan batik tulis Giriloyo yaitu Nur Ahmadi. Promosi Batik Giriloyo ini pada umumnya dilakukan dengan mengikuti pameran yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Bantul ke wilayah Jakarta. Namun pada kesempatan pameran ini tidak selalu dapat diperoleh oleh kelompok mereka karena banyak dari kelompok batik lainnya yang juga ingin ikut pameran tersebut.

Promosi yang baik memang diperlukan oleh para pengusaha Batik Tulis di Giriloyo Bantul ini sehingga batik buatan mereka dapat dikenal dengan lebih luas. Beberapa cara pemasaran yang merek lakukan adalah dengan menjual batik khas Giriloyo ini langsung kepada konsumen dan cara lain yang mereka tempuh adalah dengan menitipkan kain dan berbagai model batik yang mereka buat ke berbagai toko batik yang tersebar di wilayah Yogyakarta terutama di wilayah jalan Malioboro yang merupakan pusat wisata di tempat ini.

Pengusaha batik di wilayah Giriloyo juga memiliki ruang pamer yang terletak di kawasan Gazebo batik di pusat kerajinan batik yang terletak di wilayah dusun Giriloyo. Tempat ini diharapkan dapat membuat para pengunjung yang datang ke wilayah ini dapat lebih mudah menemukan batik yang mereka inginkan. Lokasi yang dipakai sebagai ruang pamer ini sangat bagus karena lahan nya cukup luas dan juga memiliki persediaan tempat parkir yang cukup memadai bagi kendaraan yang membawa para pengunjung. Para pengusaha batik di wilayah ini selain membuat batik klasik mereka juga membuat batik dan juga kaos batik dengan berbagai macam motif mulai Motif Batik Klasik hingga Motif Batik Kontemporer. Beberapa Motif Batik Klasik yang masih memiliki peminat yang banyak adalah batik dengan Motif Wahyu Temurun dan juga Motif Batik Sido Mukti.

Source Mengembangkan Batik Giriloyo Batik
Comments
Loading...