infobatik.id

Mengembangkan Batik Cap Garutan Kedalam Produk Keseharian

0 8

Mengembangkan Batik Cap Garutan Kedalam Produk Keseharian

Secara etimologi kata batik berasal dari gabungan dua kata dalam bahasa jawa yaitu amba, yang bermakna menulis dan titik. Batik memiliki berbagai macam motif, motif-motif ini adalah motif yang mencerminkan kekhasan Indonesia. Motif batik diangkat dari budaya yang ada di Indonesia, seperti wayang, candi, awan dan lain sebagainya. Memilih batik sebagai material utama untuk sebuah produk sepatu bukan terbilang baru, namun bagaimana mengemas dan cara penyajianya akan menjadi daya tarik tersendiri saat dipakai dan bisa dihargai kaum muda.

Seperti yang coba di perkenalkan oleh Arcadia Treasure, Arcadia adalah produsen handmade untuk perhiasan dan alas kaki yang berada di Indonesia. Melalui Batik Cap Garutan Insole, Arcadia Treasure berharap batik bisa menjadi bagian keseharian kaum muda. Dia berharap kaum muda bisa mencintai batik. Dengan pengetahuan yang dimiliki serta penjahit andal, dan beberapa model yang ada, Arcadia Treasure mulai memproduksi sepatu dan sandal batik. Arcadia menciptakan desain sepatu dan sandal sesuai model yang sedang in agar produknya digemari anak muda. Seiring dengan semakin banyaknya motif batik, ditambah dengan banyaknya teknik dalam pembuatan batik. Batik menjadi lebih banyak diproduksi, dari mulai batik yang memiliki motif mewah hingga batik yang biasa saja yang biasa digunakan untuk bermain.

Batik Cap Garutan Insole memiliki ciri khas dominasi warnanya yang cerah, terang, dan beragam. Warna ini mengungkapkan kebahagiaan seperti warna gumading (putih gading), biru, merah, hijau, coklat kekuningan, ungu, merah muda (kayas), ungu muda (gandaria), dan kasumba. Ada yang membedakan dengan Batik Solo atau Yogyakarta yang syarat dengan makna filosofis, Motif Batik Garut lebih ditekankan pada segi visual. Umumnya bentuk Motif Batik Garutan merupakan cerminan dari kehidupan sosial budaya dan adat istiadat orang Sunda, khususnya di Garut, serta pola flora dan fauna.

Source https://indonesiana.tempo.co/ https://indonesiana.tempo.co/read/120542/2017/12/15/snestapa/mengembangkan-batik-cap-garutan-kedalam-produk-keseharian
Comments
Loading...