Mengangkat Keindahan Batik Melalui Peragaan Busana

0 35

Mengangkat Keindahan Batik Melalui Peragaan Busana

Beberapa saat lalu, di acara ‘The Beauty of Indonesian Batik’ yang diadakan oleh Indosat Ooredoo, juga mengangkat dan menampilkan batik dari Jawa Barat. Namun corak yang diangkat pada saat itu adalah corak ‘Merak Ngibing’. Corak ‘Merak Ngibing’ bisa saja digambarkan dengan burung-burung merak yang saling berhadapan dan menunjukkan keindahan bulu-bulu di ekornya, atau bisa juga keindahan batik tersebut terinspirasi dari keindahan bulu-bulu merak.

Keindahan batik di acara The Beauty of Indonesian Batik

Batik-batik yang ditampilkan pada saat acara tersebut berasal dari beberapa koleksi pribadi Ibu Aang Kunaefi, Ibu Ginandjar Kartasasmita, designer Sjully Darsono, dan dari komunitas Batikology. Beberapa koleksi Ibu Aang, ternyata beberapa koleksi kainnya dibuat di tahun 1950-an! Dan masih berbentuk kain.

Batikology itu sendiri merupakan hasil karya dari Indosat yang peduli terhadap keindahan batik sebagai hasil kekayaan Indonesia yang harus dilestarikan. Ini merupakan portal digital untuk membahas batik dengan konten-konten interaktif-nya. Di sini akan ada beberapa fitur yang bisa dilihat, seperti untuk mencari batik, tips mengenai batik, galeri foto-foto batik yang di-share di social media, tokoh batik, serta pengetahuan umum tentang batik.

Dalam menampilkan keindahan batik di acara ‘The Beauty of Indonesian Batik’, juga dilakukan peragaan busana yang modelnya selain dari komunitas batik, juga dilakukan oleh direksi dan jajaran eksekutif dari Indosat Ooredoo. Peragaan busananya juga dibagi menjadi beberapa bagian, termasuk di dalamnya ada live painting on canvas corak ‘Merak Ngibing’ dari Jawa Barat.

Fashion Show: Kebaya Nyai dan Batik Pesisir karya Sjully Darsono

Beberapa koleksi kebaya Nyai dan batik pesisir Jawa Barat karya Sjully Darsono ini juga pernah ditampilkan dalam jamuan diplomasi di KBRI Praha, Ceko, tanggal 26 Oktober 2016 lalu. Selanjutnya, di bulan November 2016, ditampilkan juga di Portugal.

Private Collection exhibition 

Private collection di sini, merupakan koleksi pribadi dari Ibu Ginandjar kartasasmita, Ibu Aang kunaefi, koleksi pribadi Batikology.

Fashion Show: ‘Winter Time’ by Sjully Darsono

Batik Collection Parade ‘The Master Piece’

Batik collection di sini, merupakan koleksi pribadi dari Ibu Ginandjar kartasasmita dan Ibu Aang kunaefi.

Source http://kadungcampur.com/ http://kadungcampur.com/keindahan-batik/
Comments
Loading...