Mendikbud Buka Jogja International Batik Biennale 2018 di Keraton Yogyakarta

0 53

Mendikbud Buka Jogja International Batik Biennale 2018 di Keraton Yogyakarta

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy membuka secara resmi gelaran Jogja International Batik Biennale (JIBB) 2018 di Pagelaran Keraton Ngayogyakarta. Pembukaan yang awalnya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo namun dengan alasan sedang melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Tengah Peresiden Jokowi berhalangan hadir dan digantikan oleh Mendikbud, Muhadjir Effendy.
Hadir pula dalam pembukaan JIBB 2018 Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop, dan UKM) AAGN Puspayoga, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Presiden World Craft Council (WCC), Ghada Hijjawi Qaddumi dan para tamu undangan dari berbagai negara sahabat. Muhadjir membuka pameran batik Internasional itu dengan menggoreskan canting berisi malem ke atas kain yang telah dilengreng (dipola) dan juga dilanjut dengan hal yang sama oleh Presiden WCC, Ghada Hijjawi Qaddumi.
Muhadjir mengatakan, melalui JIBB 2018 ini, sebagai wujud upaya Indonesia untuk terus mempromosikan batik sebagai warisan budaya Dunia yang telah ditetapkan Unesco dikancah Internasional. “Ini (JIBB) sekian kalinya dilaksanakan, sebagai upaya kita untuk terus mempromosikan dan memgembangkan batik. Karena batik ini sudah diakui warisan budaya dunia oleh Unesco,” kata Muhadjir usai membuka JIBB 2018 di Keraton Yogyakarta. Setelah ditetapkannya Batik sebagai warisan budaya Dunia, lanjut Muhadjir, tinggal bagaimana masyarakat Indonesia untuk bisa mengadaptasikan batik dengan melihat perkembangan zaman saat ini namun tetap memegang sifat aslinya sebagai motif budaya nan unik.
“Saat ini tanggung jawab kita agar batik ini terus bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman tetapi terus dan tetap mempertahankan ekslusifitasnya atau sifat-sifat eksklusifnya dan unik,” ujarnya. Tak lupa pula, melalui JIBB tersebut, Ia mengajak seluruh masyarakat untuk bisa terus mempromosikan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. JIBB 2018 kali ini menyajikan beragam batik klasik dan koleksi batik Kraton nusantara. Disamping itu, terdapat bazar batik, eksibisi batik Indonesia, batik fashion, badik identitas, pameran daur hidup, batik filosofi kehidupan, batik seni rupa kontemporer dan juga desain produk.
Source https://kumparan.com https://kumparan.com/tugujogja/mendikbud-buka-jogja-international-batik-biennale-2018-di-keraton-yogyakarta-1538570896553392154
Comments
Loading...