Mencari Identitas Batik Madiun Gelar Gebyar Batik

0 152

Mencari Identitas Batik Madiun Gelar Gebyar Batik

Batik Madiun mulai mengalami kebangkitan walau hanya beberapa tahun saja. Batik Madiun sempat mengalami kejayaan pada tahun 1960-an sampai 1980-an dan sekarang Batik Madiun mulai menunjukkan eksistensinya kembali. Kota Madiun sedang mencari identitas batik dengan melalui  kegiatan Gebyar Batik yang digelar dalam rangka peringatan Hari Kartini. Gebyar Batik selama 23-24 April 2013 itu resmi dibuka oleh Wali Kota Madiun Bambang Irianto di Alun-Alun Kota Madiun.

Dalam kegiatan ini menyelenggarkan demo membatik, lomba desain batik, lomba fashion show batik, dan pameran hasil pelatihan batik. Gebyar Batik diadakan untuk menggalik potensi seni membatik di masyarakat dan juga lebih memperkenalkan batik sebagai produk budaya lokal. Kegiatan ini bertujuan untuk mencari motif khas batik Kota Madiun. Dalam demo membatik melibatkan 30 orang, lomba desain batik diikuti 122 orang, fashion show diikuti 100 orang, dan pameran hasil pelatihan batik yang menampilkan 300 motif batik.

Walikota Madiun Bambang Irianto menyambut baik dengan Gebyar Batik yang baru pertama kali digelar. “Kita sedang membuat batik khas Kota Madiun dan seluruh SKPD kalau bisa beli batik lokal saja,” ujarnya. Dalam kegiatan lomba mendesain batik yang sudah digelar awal April lalu, pemenang pertama kategori umum diraih Ibu Sapto Usodo dengan Motif Batik Madumongso. Sedangkan pemenang pertama kategori pelajar diraih oleh Saleha dengan Motif Batik Pecel Pincuk.

Source https://www.tempo.co/ https://travel.tempo.co/read/475424/mencari-identitas-batik-madiun-gelar-gebyar-batik
Comments
Loading...