Mempertahankan Tradisi Batik di Masa Kini

0 43

Mempertahankan Tradisi Batik di Masa Kini

Membuat inovasi pada batik Indonesia merupakan upaya yang mesti dipadukan dengan unsur-unsur lain untuk melestarikan batik. Saya rasa, melestarikan batik bukan hanya dengan membeli barang yang digambari batik. Tetapi yang lebih penting adalah melestarikan nilai-nilai filosofi yang terkandung dalam proses membuat batik tadi.

Contohnya dengan melibatkan para pelaku pariwisata dalam mempopulerkan proses produksi batik tulis. Wisatawan, baik dalam maupun luar negeri, bisa diajak untuk mengunjungi bengkel-bengkel batik yang tersebar di Yogyakarta. Di bengkel itu mereka bisa diajak untuk meluangkan waktu beberapa jam untuk melakukan produksi batik, mulai dari merancang motif batik, memasak lilin dan menyeduhnya dalam canting, menggambar motif batik pada kain dengan menggunakan canting, bahkan sampai menjemurnya pada gawangan. Atraksi teknik membatik yang dilakukan sendiri oleh wisatawan ini akan membuat siapapun mengerti bahwa menggambar batik memang tidak mudah, dan proses ini sebetulnya tidak bisa digantikan oleh mesin.

Kegiatan do-it-yourself untuk turis mungkin sedikit menyedot biaya operasional, tetapi penelitian selalu menunjukkan bahwa kegiatan semacam ini selalu mengundang banyak konsumen dan pada akhirnya menciptakan devisa bagi negara yang melakukannya. Dan yang paling penting, nilai filosofi tradisional batik tulis ini tetap terjaga, dan akan sulit disaingi oleh negara lain. Karena bagian utama dari menjaga tradisi bukanlah menerjemahkannya ke dalam bisnis, tetapi mempertahankan nilai-nilai luhur yang telah dianut secara turun-temurun.

Source https://vickyfahmi.com/ https://vickyfahmi.com/2016/10/03/batik-indonesia/
Comments
Loading...