Memopulerkan Batik Nusantara

0 12

Memopulerkan Batik Nusantara

Batik merupakan salah satu warisan kekayaan budaya Nusantara. Batik bahkan telah diresmikanoleh Unesco sebagai warisan budaya asli Indonesia. Berbagai macam Motif Batik Indonesia menjadi ciri khas, sekaligus menunjukkan motto BhinnekaTunggal Ika dalam peradaban rakyat Indonesia. Setiap adat atau daerah hampir memiliki corak dan ciri khas batik tersendiri. Maka, sudah sewajarnya bila pengembangan batik harus juga mencakup batik di berbagai daerah, bukan hanya yang berasal dari wilayah Jawa.

Pengembangan dan penggunaan Batik Nusantara perlu terus digalakkan guna memperkuat kekayaan khazanah budaya batik Nusantara yang tersebar luas di seluruh Republik Indonesia. Memiliki program guna mempromosikan batik khas daerah masing-masing. Apa yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Dewan Kerajinan Nasional DIY yang akan menyelenggarakan Festival Jogja Kota Batik Dunia dengan tema “Batik To The Moon”, pada 25-29 Oktober 2017, salah satu contohnya. Festival yang akan dihelat di Jogja Expo Center (JEC) serta Jalan Malioboro Yogyakarta itu mencakup pameran batik, fashion show batik, Jogja Batik Parade, lomba desain fashion batik tren internasional, lomba batik motif jogja istimewa, serta lomba souvenir turunan batik.

Festival itu juga untuk mempertahankan eksistensi DIY sebagai kota batik dunia. Sebagaimana diketahui bersama, pada 18 Oktober 2014, DIY telah dinobatkan sebagai Jogja Kota Batik Dunia oleh Dewan Kerajinan Dunia (World Craft Council/WCC) di Dongyang, Tiongkok. Festival Jogja Kota Batik Dunia akan menampilkan pameran batik yang menonjolkan tujuh kriteria kota kerajinan dunia yang dipersyaratkan oleh WCC, yakni nilai historis, orisinalitas, upaya konservasi melalui regenerasi, nilai ekonomi, ramah lingkungan, reputasi internasional, dan konsistensi. Selain berkaitan dengan eksistensi DIY sebagai kota batik dunia, gelaran festival itu diharapkan menjadi kekuatan budaya dan ekonomi masyarakat di DIY.

Dengan demikian terjadi peningkatan produksi dan penjualan, meningkatkan pendapatan, dan kesejahteraan masyarakat, serta penciptaan usaha. Seluruh pemangku kepentingan hendaknya terus mempromosikan khasanah batik Nusantara, baik melalui pameran maupun bazar baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Dunia harus tahu tentang batik asal Indonesia.

Source http://id.beritasatu.com/home  http://id.beritasatu.com/home/memopulerkan-batik-nusantara/166874
Comments
Loading...