Membuat Batik di Palbatu

0 173

Membuat Batik di Palbatu

Kampung Batik Palbatu berawal dari rasa keprihatinan tiga orang pemuda kreatif bernama Bimo, Iwan, dan Hari. Mereka heran atas tidak adanya kampung batik di Jakarta. Bermodalkan niat yang nekat, mereka pun mengimplementasikan gagasannya dengan mendirikan Forum Komunikasi Pengembangan Kampung Batik Palbatu. Pada tahun 2011, Forum Komunikasi Pengembangan Kampung Batik Palbatu mulai mengadakan acara dengan mengundang 18 perajin batik dari wilayah Jawa Tengah. Mereka didatangkan untuk memberikan pelajaran membatik kepada para warga di wilayah Jalan Palbatu dan sekitarnya dengan tujuan untuk melestarikan budaya batik dengan tindakan nyata.

Usai acara tersebut, Forum Komunikasi Pengembangan Kampung Batik Palbatu terus melakukan kegiatan yang sama sehingga  warga di sekitaran Jalan Palbatu, baik generasi muda maupun kaum ibu perlahan mulai belajar membatik. Saat ini bahkan batik buatan warga di Jalan Palbatu mempunyai motif yang amat beragam sesuai kreasi masing-masing pembatik.

Forum Komunikasi Pengembangan Kampung Batik Palbatu sampai saat ini pun masih memberikan pengajaran kepada masyarakat yang ingin belajar. Di sini kamu bisa belajar membatik bersama-sama dengan orang lain baik tua, muda, hingga anak-anak.

Kegiatan belajar membuat batik di Kampung Batik Palbatu juga mengajarkan kita untuk lebih mengembangkan kreatifitas dan mengetahui bagaimana sulitnya membuat sebuah batik. Hal ini berguna untuk lebih menghargai batik yang sudah menjadi khazanah budaya Indonesia.

Selain diberikan praktek membuat batik secara langsung, kamu juga diberikan pengetahuan tentang batik dari para pengajar. Waktu belajar selama dua jam ini juga berjalan dengan menarik. Di akhir kursus singkat ini, seluruh peserta akan mendapatkan sertifikat.

Source Membuat Batik di Palbatu Batik
Comments
Loading...