Memahami Teks Eksposisi

Definisi Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah teks yang memaparkan sejumlah pengetahuan atau informasi.Tujuan dari teks ini adalah untuk memberitahukan pembaca :entang suatu informasi dengan sejelas-jelasnya. Teks eksposisi sering kali dilengkapi dengan pendapat para ahli, contoh, dan fakta-fakta.

Teks eksposisi memiliki beberapa ciri, antara lain:

  1. Penjelasan bersifat informatif dan objektif.
  2. Penjelasan tersebut dipaparkan secara sistematis dari awal sampai akhir.
  3. Disertai dengan data faktuai seperti gambar, grafik, peta, dan table

Agar lebih jelas, perhatikan kutipan teks berikut.

Dampak merebaknya penyebaran virus sindrom pernapasan akut parah (Severe Acute Respiratory Syndrome/SARS) dari Singapura, mulai mengancam bisnis perhotelan di Batam. Jumlah tamu, baik dari luar maupun dalam negeri, merosot. Akibatnya, tingkat hunian hotel di Batam berkurang hingga sepuluh persen. Demikian kata Public Relation Manager Goodway Hotel Puri Garden, Budi Purnomo, dan pengusaha Novotel Hotel, Anas, ketika dihubungi Kompas di Batam..

Ide pokok teks tersebut adalah “dampak penyebaran virus SARS terhadap bisnis perhotelan”. Isi teks tersebut menjelaskan dampak penyebaran virus SARS terhadap kondisi perhotelan, yakni merosotnya tingkat hunian hotel yang ada di Batam. Teks seperti ini tergolong ke dalam jenis eksposisi.

 

Membedakan Teks Eksposisi dengan Jenis Teks Lainnya

Perhatikanlah teks di bawah ini.

Menurut catatan, lebih dari sepuluh ribu benda purbakala telah terdaftar di Direktorat Perlindungan dan Pembinaan Peninggalan Sejarah Purbakala (Ditlinbinjarah). Benda-benda bersejarah yang terdaftar itu baru sebagian kecil saja. Keterbatasan daftar benda-benda tersebut karena di Yogyakarta dan kotakota lain, terutama kota yang dahulunya berstatus kerajaan, masih ada keluarga yang menyimpan benda purbakala dan belum dilaporkan atau didaftarkan ke Ditlinbinjarah. Pada umumnya, benda-benda yang mereka simpan merupakan peninggalan letuhur mereka.

Teks di atas bersifat ekspositif. Ide pokok teks tersebut adalah “bendabenda purbakala yang terdaftar di Ditlinbinjarah”. Ide pokok tersebut dilengkapi dengan sejumlah fakta berikut :

  1. Lebih dari sepuluh ribu benda purbakala telah terdaftar di Ditlinbinjarah
  2. Keterbatasan daftar benda-benda tersebut karena masih ada keluarga yang menyimpan benda peninggalan leluhur mereka
  3. Pada umumnya, benda-benda purbakala yang mereka simpan merupakan peninggalan leluhur mereka

Dari strukturnya, teks eksposisi berbeda dengan jenis teks lainnya. Struktur teks eksposisi adalah sebagai berikut :

  1. Tesis: bagian ini berisi kalimat yang menyatakan sudut pandang dan argumen awal penulis terhadap suatu masalah atau topik yang akan dibahas.
  2. Argumen-argumen pendukung: bagian ini berisi serangkaian argumen yang disertai dengan fakta-fakta yang memperkuat argumen tersebut.
  3. Kesimpuian: bagian ini berisi ringkasan argumen yang disertai dengan saran-saran.

 

Leave a Comment