Memahami Cerita Pendek

Definisi Cerita Pendek

Cerita pendek (cerpen) adalah cerita rekaan yang ditulis secara singkat namun padat. Panjang pendeknya suatu cerita pendek memang relatif, namun pada umumnya cerita pendek ditulis dengan sekitar 500-5.000 kata, dan ada beberapa yang mengatakan tidak lebih dari 10.000 kata. Oleh karena itu, cerita pendek sering diungkapkan sebagai cerita yang dapat selesai dibaca dalam sekali duduk.

Karena ditulis dalam bentukyang pendek, maka hal ini memengaruhi karakteristik sebuah cerita pendek. Pemilihan tema dalam sebuah cerita pendek umumnya sederhana, misal bercerita tentang kehidupan sehari-hari. Penguraian tema pun tidak terlalu luas. Lalu tokoh yang diangkat pun tidak banyak. Umumnya hanya melibatkan tidak iebih dari tiga tokoh. Untuk alur cerita, cerita pendek tidak memiliki alur cerita yang panjang seperti karya prosa lainnya. Hal ini karena ada pembatasan jumlah kata. Karena itu, pengembangan cerita dalam cerita pendek tidaklah begitu leluasa. Latar dalam cerita pendek pun juga terbatas ruang lingkupnya dan dalam waktu yang relatif singkat.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa cerita pendek memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Alur lebih singkat
  2. Tokoh yang dimunculkan hanya beberapa orang
  3. Latar yang dilukiskan hanya sesaat dan dalam lingkungan yang relatif terbatas.
  4. Tema dan nilai-nilai kehidupan yang disampaikan relatif sederhana.

 

Membedakan Teks Cerita Pendek dengan Jenis Teks Lainnya.

Cerita pendek termasuk jenis karangan narasi selain dongeng dan novel. Ketiga jenis karangan itu dibentuk oleh unsur-unsur yang sarma, yakni tokoh, latar, dan urutan kejadian. Cerita pendek, novel, dan dongeng termasuk dalam narasi artistik, yakni narasi yang menyajikan sejumlah pengalaman estetis dengan tujuan menghibur pembacanya meskipun sama-sama termasuk dalam narasi artistik. Perbedaan tiga jenis karangan ini, yaitu sebagai berikut.

  1. Cerita pendek berbeda dengan novel dalam hal kompleksitas ceritanya. Cerita pendek lebih sederhana, sedangkan novel lebih kompleks, baik dalam hal tema, alur, jumlah tokoh, maupun latarnya.
  2. Cerita pendek berbeda dengan dongeng dalam hal tema, tokoh peristiwa, dan latarnya.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut.

Unsur Narasi Jenis-Jenis Karangan Narasi
Cerita Pendek Dongeng Novel
Tema Sederhana, mungkin terjadi dalam kehidupan sehari-hari Sederhana, tidak mungkin terjadi dalam kehidupan sehari-hari Kompleks, mungkin terjadi dalam kehidupan sehari-hari
Penokohan Terbatas Terbatas Banyak
Alur Singkat, hanya beberapa peristiwa SIngkat Panjang, Banyak Peristiwa
Latar Terbatas Terbatas Banyak

 

Leave a Comment