Melongok Batik Motif Piala Dunia 2010

0 118

Melongok Batik Motif Piala Dunia 2010

Semarak datangnya Piala Dunia 2010 mendorong perajin batik Sugirin untuk dapat menciptakan motif yang berbau even besar sejagat itu. Warga pedukuhan Sembungan, Kulonprogo (DIY) ini berkeyakinan, motif batik bola karyanya, bakal menarik perhatian orang. “Saya mencari ide dengan melihat gambar dan foto di beberapa majalah. Misalnya saja bentuk bola, piala, maskot Piala Dunia 2010. Tentu saja ketika dituangkan dalam pola, simbol-simbol bola tadi tidak sama persis dengan foto. Saya memadukannya dengan corak batik yang selama ini ada. Semalaman saya mereka-reka motif di atas kertas, sampai akhirnya jadi,” kisah Sugirin.

Selain gambar, Sugirin juga memperhitungkan soal warna. Menurutnya warna merah harus ada. Sebab, pertandingan sepakbola, kan, ibarat pertempuran. Perlu keberanian dan semangat yang saya simbolkan dengan merah. Untuk komposisi, ada beberapa teknik agar kombinasi warna menjadi harmonis. Misalnya saja bentuk bola yang warnanya hijau. Sugirin yang memberi nama usahanya Batik Sembung, menyerahkan desain kepada perajinnya yang piawai di bidang pola. Empat hari kemudian, selembar batik motif bola itu berhasil diselesaikan. Sehari menjelang pembukaan Piala Dunia tangga 11 Juni lalu, suami Murtini ini melaunching produk barunya. Ia pun mengabarkan kepada para relasinya. Ternyata, sambutannya sangat menggembirakan.

Sugirin pun membagi tugas pada 15 karyawannya. Ada yang menggarap corak bola, sebagian lagi membuat pesanan sebelumnya. Unuk masalah harga batik manualnya ukuran 2 meter seharga Rp 150 ribu – 250 ribu. Sugirin yang total produksi sebulan sekitar 250-an lembar ini sudah menyelaikan empat motif bola. Dan, ia akan terus mengembangkannya sesuai dengan permintaan konsumen. Gara-gara corak bola ini, pesanan memang meningkat.

Source http://nova.grid.id/ http://nova.grid.id/Embed/News/Peristiwa/Melongok-Batik-Motif-Piala-Dunia
Comments
Loading...