Melihat Lebih Dekat Batik Parang Curigo Kesit, Motif Kesukaan Ibu Tien Soeharto

0 19

Melihat Lebih Dekat Batik Parang Curigo Kesit, Motif Kesukaan Ibu Tien Soeharto

Siti Hartinah, yang sehari-hari dipanggil “Ibu Tien Soeharto” merupakan anak kedua pasangan KPH Soemoharjomo dan Raden Ayu Hatmanti Hatmohoedojo. Ia merupakan canggah Mangkunagara III dari garis ibu. Tien menikah dengan Soeharto pada tanggal 26 Desember 1947 di Surakarta. Siti kemudian dianugerahi gelar pahlawan nasional Indonesia tak lama setelah kematiannya.

Beliau dimakamkan di Astana Giribangun, dekat dengan makam Mangkunegara, dan dekat dengan galeri kami Prajnaparamita Indonesian Batik yang juga berada di satu desa yaitu Desa Girilayu. Dengan berbekal sedikit petunjuk bahwa Ibu Tien adalah juga seorang yang sangat mengagumi batik, kami ingin mengulas sebuah motif yang menjadi favoritnya, Motif Batik Parang Curigo Kesit.

Seperti yang kita ketahui, motif batik parang adalah salah satu motif yang simple tetapi penuh dengan makna-makna filosofis. Seperti ketenangan dan kebijaksanaan dalam menjalani hidup. Mengingatkan kami betapa Ibu Tien Soeharto mampu menjadi seorang ibu negara yang penuh dengan kelembutan dan kebijaksanaan.

Lebih lanjut mengenai motif parang curigo kesit, merupakan salah satu pengembangan dari motif parang rusak yang memiliki motif geometris tertata dan berurutan secara berulang. Motif parang curigo kesit ini memiliki ornamen menyerupai bentuk keris dan diberikan tambahan motif segi empat yang melintang sejajar dengan ornamen keris tersebut.

Parang curigo kesit sendiri merupakan motif yang paling feminim diantara motif parang lainnya. Menjadi sebuah lambang kesetiaan bagi permaisuri pada zaman dahulu. Selain itu Curigo Kesit memiliki motif berbentuk keris-keris kecil yang biasa dimiliki oleh perempuan. Keris sendiri dipahami orang Indonesia sebagai alat untuk melindungi dirinya, keluarganya dan lambang kewibawaan dalam mengatur rumah tangga atau masyarakat.

Ditambah lagi, seorang perempuan hendaknya mampu menjadi sosok yang memiliki kebijaksanaan dalam mengatur kehidupan rumah tangganya. Dan ketika motif batik ini dipakai oleh Ibu Tien Soeharto, kami rasa filosofi itu bukan hanya sebuah mitos belaka, mengingat kesuksesan Ibu Tien dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Source http://indonesianbatik.id http://indonesianbatik.id/2018/04/05/melihat-lebih-dekat-batik-parang-curigo-kesit-motif-kesukaan-ibu-tien-soeharto/
Comments
Loading...