Melihat Detail Batik Geblek Renteng

0 166

Melihat Detail Batik Geblek Renteng

Batik Motif Geblek Renteng sebagai sebuah simbol merupakan konsep yang telah disepakati bersama. Berisi ide tentang ciri khas Kulon Progo dan mewakili gagasan bahwa masyarakat Kulon Progo bersatu membentuk jalinan utuh nan padu. Tidak memandang perbedaan suku, lokasi tempat tinggal, pekerjaan, perbedaan agama dan kepercayaan serta kemampuan ekonomi. Simbol dapat menghantarkan seseorang menuju gagasan atau konsep.

Batik Geblek Renteng dengan sempurna membawa masyarakat Kulon Progo ke dalam semangat kebersamaan. Semangat kebersamaan yang dirajut perlahan dari kain batik sederhana. Motif batik Geblek Renteng diciptakan seorang pelajar bernama Ales Candra Wibawa pada 2012. Ingatlah bahwa Kulon Progo memiliki potensi yang belum dipoles. Itulah sebabnya Batik Geblek Renteng menjadi momentum perubahan. Menjadi penyemangat bagi masyarakat untuk memoles sedikit demi sedikit potensi yang sebenarnya masyarakat dan alam Kulon Progo miliki.

Geblek Renteng menjadi alat pemersatu masyarakat Kulon Progo. Menumbuhkan kesadaran bahwa daerah ini sebenarnya dapat melakukan lebih dari yang sekarang dilakukan. Sebelum melakukan itu, masyarakat harus memiliki keterikatan. Satu dengan yang lain perlu dipersatukan sehingga membentuk visi yang sama. Visi untuk mensejahterakan Kulon Progo tanpa meninggalkan kearifan lokal masyarakatnya. Itulah fungsi Geblek Renteng.

Source https://watespahpoh.net/ https://watespahpoh.net/2014/melihat-detail-geblek-renteng.html https://watespahpoh.net/tag/kulon-progo
Comments
Loading...