Melestarikan Budaya Bangsa dengan Memakai Batik

0 182

Melestarikan Budaya Bangsa dengan Memakai Batik

Kesenian batik merupakan kesenian gambar di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluarga raja-raja Indonesia zaman dulu. Awalnya batik dikerjakan hanya terbatas dalam kraton saja dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya. Banyak dari pengikut raja yang tinggal diluar kraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka keluar kraton dan dikerjakan ditempatnya masing-masing. Kesenian batik lama-lama ditiru oleh rakyat terdekat dan selanjutnya meluas menjadi pekerjaan kaum wanita dalam rumah tangganya untuk mengisi waktu senggang. Selanjutnya, batik yang tadinya hanya pakaian keluarga kraton, kemudian menjadi pakaian rakyat yang digemari, baik wanita maupun pria.

Batik pertama kali diperkenalkan ke seluruh dunia dan dipopulerkan oleh Presiden Soeharto yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB. Langkah pemerintah dalam menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional terkait pengakuan dunia ter­hadap batik sebagai bagian dari budaya Indonesia. Sekarang tinggal mensupport dan menunjukkan kebanggaan terhadap batik. Untuk menjaga sebuah kelestarian batik, maka ada dua hal yang paling penting adalah animo masyarakat dan pelaku batik itu sendiri. Animo masyarakat adalah hal yang wajib dipelihara jika ingin batik tetap lestari. Begitu juga dengan pelaku batik itu sendiri kedua-duanya harus saling ketergantungan. Sebagai masyarakat umum kita hendaknya dapat mengambil nilai-nilai batik yang sesungguhnya, karena nilai-nilai etika dan estetika dari maha karya batik inilah yang wajib kita lestarikan. Bukan hanya sekadar batik sebagai simbol saja, karna yang beginilah secara jangka panjang akan menjadi batik tradisional yang telah turun-temurun diwariskan oleh para leluhur. Teknik pembuatan batik di berbagai daerah di Indonesia pun juga beragam teknik pengerjaannya,namun dari yang beragam tersebut bisa kita pahami seberapa besar bangsa ini menghasilkan maha karya yang mendunia.

Dian S bangga pakai baju batik

Selama ini sering menyimak iklan maupun jargon dari pemerintah yang menyerukan agar lebih mencintai batik. Bahkan dibuat beberapa acara khusus untuk menumbuhkan kecintaan batik. Batik tentu harus dianggap sebagai barang istimewa. Apalagi setelah badan kebudayaan PBB UNESCO mengukuhkan batik sebagai warisan budaya Indonesia.

Kebanyakan dari kaum muda tidak ingin memakai baju batik karena menganggap batik itu budaya jadul, keting­galan jaman, kolot dan lain sebagainya. Namun sekarang desainer baju sudah bertindak dan bisa memodifikasi sedemikian rupa, maka baju batik tidak lagi ketinggalan zaman namun malah bisa menjadi trend yang tak kalah dengan trend baju dari bangsa lain. Sekarang ini sudah banyak pakaian model batik yang bisa anda temui di pasaran Indonesia. Beragam pakaian batik tersebar luas di pasaran dengan harga yang bervariasi dan dengan motif yang beragam. Batik merupakan budaya bangsa yang harus kita lestarikan keberadaannya. Banyak bangsa lain yang ingin merebut batik dari Indonesia. Jika kita tidak melestarikannya, mungkin budaya yang sangat kental dengan unsur seni dan estetika ini akan hilang dengan cepat dan anak cucu kita tidak bisa lagi melihat batik sebagai karya bangsa dimasa yang akan datang.

Source Melestarikan Budaya Bangsa dengan Memakai Batik Batik Indonesia
Comments
Loading...