Warning: unlink(/tmp/c8143191f24458175d8ff5ae112b6929-W6xWco.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/infobatik.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Melestarikan Batik Kalimantan Tengah

0 317

Melestarikan Batik Kalimantan Tengah

Nilai istimewa dari Batik Benang Bintik terletak pada ragam motif yang menjadi cermin keunikan kebudayaan dari suku asli Kalimantan Tengah yakni Suku Dayak. Perwujudan coraknya diinspirasi dari lukisan atau ukiran yang sering digunakan masyarakat Dayak zaman dulu ketika melakukan suatu ritual maupun upacara adat. Kepercayaan leluhur suku Dayak yang disebut Kaharingan sangat kental memberi pengaruh terhadap corak batik Benang Bintik. Salah satu cara untuk dapat melestarikan Batik Kalimantan Tengah adalah dengan berkunjung ke lokasi dimana batik ini dibuat. Dengan berkunjung ke sana, bisa lebih tahu tentang sejarah, proses dan kebudayaan di sana.

Dengan mengetahuinya, maka akan muncul rasa memiliki yang tinggi, dimana hal ini yang akan memunculkan rasa nasionalisme yang tinggi. Untuk itu sempatkan diri berkunjung ke tempat pembuatan Batik Kalimantan Tengah sekaligus bisa melihat kebudayaan yang ada di sana.

Perkembangan kerajinan batik yang semakin baik, semestinya lebih memicu semangat para pengrajin di seluruh pelosok Indonesia untuk terus berinovasi menciptakan berbagai macam Motif Batik terutama di Kalimantan Tengah. Tidak hanya dari segi kreasi motifnya saja, namun kuantitas hasil produksi juga harus tetap ditingkatkan untuk memenuhi permintaan pasar. Budaya Batik Kalimantan Tengah akan terus menguasai pasar Batik Indonesia, bahkan mancanegara. Tugas melestarikan budaya bangsa ini merupakan tanggung jawab bersama dan juga membutuhkan kordinasi dari pihak pemerintah dan masyarakat agar kerajinan batik ini tidak menghilang.

Source Melestarikan Batik Kalimantan Tengah Batik
Comments
Loading...