Melestarikan Batik Jonegoroan

0 196

Melestarikan  Batik Jonegoroan

Kekayaan alam dan budaya yang ada di Kabupaten Bojonegoro menginspirasi salah satu warga Bojonegoro yaitu Ibu Mafudho Suyoto untuk menjadikannya sebagai motif batik. Melalui lomba desain batik, maka terciptalah sembilan motif khas Batik Bojonegoro atau sering disebut Batik Jonegoroan. Sembilan Motif Batik Jonegoroan merupakan gambaran dari potensi budaya dan alam Bojonegoro.

Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk tetap melestarikan Batik Jonegoroan meliputi:

  • Membuat peraturan kepada kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro yang mewajibkan berpakaian Batik Jonegoroan pada hari kamis dan jumat.
  • Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melaksanakan Pelatihan serta pendampingan supaya lebih banyak masyarakat yang menggeluti usaha batik teruta kaum perempuan.
  • Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro mengadakan pengawasan mutu untuk menjaga kualitas Batik Jonegoroan. Karena pangsa pasar terbuka dan menyebabkan persaingan semakin ketat.
  • Sekolah-sekolah di Bojonegoro satu minggu satu kali diharuskan memakai seragam batik khas Bojonegoro.
  • Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro berencana akan tetap menggelar lomba disain Batik Jonegoroan dengan tema potensi daerah, untuk melahirkan motif baru Batik Jonegoroan.
  • Mengikut sertakan Batik Jonegoroan dalam pameran tingkat daerah maupun nasional, untuk mengenalkan produk batik Jonegoroan kepada masyarakat luas.
  • Di Bojonegoro Batik Motif Jonegoroan bisa diperoleh di sentra pengrajin batik, juga bisa diperoleh di Show Room Dekranasda Disperindag Bojonegoro.

Batik Modern lebih banyak digemari masyarakat saat ini dari pada  Batik Klasik. Hal ini dikarenakan batik modern memiliki banyak motif dan memiliki warna yang beragam. Dari kalangan remaja hingga orang tua banyak yang menyukai Batik Modern yang memiliki motif yang unik. Batik Jonegoroan diharapkan mampu menjawab dan memenuhi apa yang diinginkan oleh pasar.

Source Melestarikan  Batik Jonegoroan  Batik
Comments
Loading...