Melestarikan Batik Bekasi

0 21

Melestarikan Batik Bekasi

Untuk terus mengembangkan dan melestarikan batik bekasi, kini sudah menjadi kewajiban memiliki dan memakai terutama di sekolah. Saat ini yang sudah mengenakan seragam batik bekasi masih pada tahap SD dan SMP, dan ke depannya akan mengarah ke sekokah tingkat atas atau SMA. Selain itu, untuk melestarikan Batik Bekasi, Pemerintah Kota Bekasi dan pihak terkait dalam hal ini Komunitas Batik Bekasi memberikan pelatihan kepada para siswa di berbagai sekokah. Para siswa diajarkan bagaimana membuat batik atau membatik, baik batik tulis maupun batik cetak.

Pelatihan ini sudah masuk kurikukulum sekolah atau pelajaran ekstra kulikuler baik tingkat SMP maupun tingkat SMA. Dalam kesempatan yang berbeda, salah satu masyarakat Bekasi bernama Anindya, mengaku bangga dengan batik bekasi. Apalagi dia pegawai swasta yang setiap Jumat selalu memakai batik. “Kebetulan saya cinta batik. Kalau ada tugas ke daerah lain, pasti saya bawa oleh-oleh batik. Kalau soal batik bekasi ya jangan ditanya lagi, ya pasti punya lah, kan bangga pakai batik asal daerah sendiri,” kata Anidya.

Batik Bekasi juga dipajang di gedung baru Wali Kota Bekasi. Beberapa batik dipamerkan di dalam estalase untuk memberikan daya tarik dan pengenalan batik bagi masyarakat yang datang dan melihat. Dengan demikian, masyarakat akan tahu bahwa Bekasi juga memiliki batik yang tak kalah bagusnya dengan daerah lain. Aneka batik bekasi tidak lama lagi juga akan dipamerkan di acara Bekasi Expo 2017 yang akan dibuka langsung oleh Wali Kota Bekasi. Bekasi Expo 2017 akan berlangsung 11-19 Maret 2017 di Summarecon Mal Bekasi.

Source https://www.kompas.com/ https://travel.kompas.com/read/2017/03/03/065500627/batik.bekasi.di.antara.kekuatan.kearifan.lokal.
Comments
Loading...