Mbatik Jaman Now, Mahasiswa FEB Soroti Kesejahteraan Pembatik Kecil

0 146

Mbatik Jaman Now, Mahasiswa FEB Soroti Kesejahteraan Pembatik Kecil

Membatik menjadi cara yang dipilih mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dalam memeriahkan Dies Natalis UPN “Veteran” Yogyakarta. Dengan menggunakan baju batik berbagai warna dan rupa, peserta yang merupakan mahasiswa FEB angkatan 2017 telihat antusias mengikuti rangkaian acara yang bertemakan “Mbatik Jaman Now”.

Dalam membatik, peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok dan telah disiapkan peralatan membatik seperti canting dan kain. Kain yang sudah dilapisi malam kemudian direndam ke dalam pewarna biru dan merah lalu melalui tahap akhir yakni penjemuran. Acara ini semakin meriah dengan iringan musik dan hadiah yang bisa dibawa pulang oleh peserta.

Acara yang diselenggarakan di depan gedung Dekanat FEB ini berangkat dari keprihatinan salah satu dosen Pendidikan Kewarganegaraan, Ibu Sudaryati akan kesejahteraan pembatik kecil di Imogiri. Yakni Tri Mulyo, buruh pembatik yang hanya dibayar Rp20.000 per hari. Padahal, batik yang ia buat ketika telah sampai ke pengepul, toko, atau mal bisa melonjak harganya hingga ratusan ribu rupiah.

Panitia acara melalui kegiatan ini mengharapkan generasi muda dapat merubah mindset bahwa batik tidak hanya identik dengan acara kondangan atau hajatan saja. Generasi muda juga diharapkan dapat menghargai batik dengan mengetahui jerih payah pembatik kecil dalam menghasilkan batik.

 

Source http://www.bppmkliring.com/ http://www.bppmkliring.com/2017/12/mbatik-jaman-now-mahasiswa-feb-soroti.html
Comments
Loading...