Mbah Sepi, Pembatik Tulis Tradisional yang Tersisa di Purworejo

0 123

Mbah Sepi, Pembatik Tulis Tradisional yang Tersisa di Purworejo

Motif batik tulis tradisional Purworejo, Jawa Tengah tidak jauh berbeda dengan motif yang berkembang di Yogyakarta, Solo dan wilayah selatan Jawa. Beberapa motif yang ada diantaranya kawung, melati seconthong, kopi pecah ada ukel. Tidak banyak yang meneruskan tradisi batik tulis di Purworejo dan sekitarnya. Sepini alias Mbah Sepi (73) salah satu pembatik tradisional yang masih bertahan menekuni batik tulis di Purworejo, Jawa Tengah. Dia membatik sejak muda hingga sekarang ini.

Berbagai batik tradisional khas Purworejo telah dibuatnya. Meski ahli dalam dunia batik, namun Mbah Sepi panggilan akrabnya itu tidak tahu sama sekali jika hari ini merupakan Hari Batik Nasional. Dia adalah salah satu pengrajin batik adal Dusun Gentan, Desa Malangrejo, Kecamatan Banyuurip, Purworejo yang hingga kini masih setia membuat batik tulis tradisional. Ia sudah membatik sejak tahun 1956. Dia menceritakan belajar membatik sejak masih gadis sejak tahun 1956. Ia sendiri belajar dari tetangganya dulu yang namanya Mbah Mursid.

Sepi sendiri, hafal betul berbagai motif batik klasik yang ada. Mulai dari motif buntal, slempang, kopi pecah, melati seconthong, ukel dan puluhan motif lainnya. Ratusan kain batik telah dihasilkan dari tangannya. Dari sekian banyak motif, ia sendiri mengaku kewalahan jika harus membuat motif ukel. Hasil karya dengan malam itu kemudian diserahkan kepada pengrajin lain yang akan mewarnainya sesuai selera. Satu lembar kain dengan lukisan malam itu dihargai rata-rata Rp 150 ribu.

Mbah sepi berharap tetap diberi kesehatan agar tetap bisa membatik terus demi menambah penghasilan.  Selain Mbah Sepi masih ada beberapa orang generasi tua yang melestarikan batik tradisional di Purworejo. Seperti Suyati (60), yang masih tetangga dengan Mbah Sepi juga berharap batik tulis di Purworejo tetap bertahan sampai sekarang.

Source https://news.detik.com/ https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3667227/mbah-sepi-pembatik-tulis-tradisional-yang-tersisa-di-purworejo
Comments
Loading...