Martini Suarsa, Antarkan Batik Bojonegoro Melintas Batas Negara

0 18

Martini Suarsa, Antarkan Batik Bojonegoro Melintas Batas Negara

Batik terus bertransformasi. Mulai dari segi warna, motif hingga modelnya. Bahkan, banyak desainer Indonesia yang menjadikan batik sebagai komponen utama dalam karyanya.

Seperti halnya yang dilakukan Martini Suarsa. Sentuhan tangan desainer asal Ibu Kota Indonesia itu mampu membawa batik Bojonegoro semakin dikenal dunia. Dua even internasional telah menjadi bukti bahwa perpaduan karya seni dan budaya dari Kabupaten Bojonegoro bisa diterima di kancah internasional.

Dua even yang dimaksud adalah International Ipoh Fashion Week Malaysia 2017 dan Collaboration Culture Fashion Week Peagent Singapura 2018. “Bersama Miss Ada Goh brand Martini G Founder B and W,” kata Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro Amir Sahid.

Ke depanya, Martini Suarsa akan menggabungkan dua kultur. Yaitu, Indonesia dan Tiongkok. Keduanya digabungkan dalam Batik Jonegoroan. Prosesnya melibatkan desainer asal Tiongkok dan Singapura untuk Even Qipao Peagent.

“Beliau ingin memberikan positif influence kepada masyarakat Bojonegoro. Karena batik merupakan salah satu warisan leluhur yang harus dilestarikan dan menjadi budaya,” ujar dia menerangkan.

Martini Suarsa pernah datang ke Bojonegoro beberapa waktu lalu dan memberikan motivasi untuk terus mengeksplorasi Batik Jonegoroan. Melalui kegiatan Bojonegoro Fashion and Art Award 2017, Disbudpar mengumpulkan perajin dan desainer lokal hasil audisi.

“Perajin, fashion designer lokal dan fashion designer nasional kami kolaborasikan untuk membuat karya busana dengan segmen yang ditentukan,” tambahnya.

Dengan embrio tersebut, telah menjadikan para fashion designer percaya diri untuk membawakan karyanya dengan bahan Batik Jonegoroan. Karya mereka sudah ditampilkan di sejumlah even. Seperti Jogja Fashion Week, Jakarta Fashion Week. “Kami akan terus mengembangkan industri kreatif batik melalui berbagai even, promo dan kolaborasi,” tutur Amir.

Source https://www.jawapos.com https://www.jawapos.com/jpg-today/01/05/2018/martini-suarsa-antarkan-batik-bojonegoro-melintas-batas-negara
Comments
Loading...