Manfaat Menggunakan Baju Batik

0 1.989

Manfaat Menggunakan Baju Batik

Kegunaan batik pada masa dulu, sekarang, dan yang akan datang merupakan aset budaya yang memiliki dinamika tersendiri. Dinamika ini akan membuat batik mampu beradaptasi sesuai perkembangan zaman. Hal inilah yang membuat batik tak lekang oleh waktu. Pada masa depan kreasi dan inovasi harus terus berjalan termasuk inovasi untuk memunculkan motif-motif baru serta memaksimalkan kegunaan batik dalam kehidupan sehari—hari. Berikut Manfaat Menggunakan Baju Batik :

Batik sebagai Bahan Dekorasi

Dalam ilmu tata ruang dekorasi lebih dikenal dengan istilah elemen estetis. Batik yang digunakan sebagai dekorasi dalam ruangan di antaranya bisa berupa hiasan dinding atau wall hanging, sketsel atau penyekat ruangan. dan patung. Penggunaan batik terus berkembang seiring dengan inovasi dan kreativitas para pengusaha dan desainer batik. Dilihat dari segi motif, batik bisa hadir dalam nuansa klasik atau pun nuansa modern dengan warna yang menyesuaikan kebutuhan dekorasi. Akan tetapi, ada hal lain yang perlu diperhatikan, yaitu aspek bahan baku yang digunakan untuk membatik. Media batik tidak berupa kain mori dan sutra saja. Batik yang dihadirkan dalam elemen estetis dekorasi harus mempunyai karakter bahan yang lebih kuat dibanding dengan bahan yang digunakan sebagai busana. Bahan untuk batik harus menyesuaikan fungsi pakai dan kegunaannya. Hal ini harus selalu diperhatikan.

Batik sebagai Bahan Perlengkapan Hidup

Setelah berkembang menjadi bahan sandang nasional dan sebagai hiasan, kini batik mulai digunakan untuk membuat perlengkapan dan aksesori seperti tas, kantong ponsel, sandal, dan kipas. Perkembangan produk ini memperkuat daya kreativitas sehingga kegunaan batik pun semakin luas. Dengan begitu batik menjadi sangat akrab dalam kehidupan kita.

Batik sebagai Busana

Penggunaan batik sebagai busana tradisional semakin berkurang, terutama di kalangan generasi muda. Makna simbolik yang ada pada ragam hias batik tradisional juga makin kurang dikenal. Akan tetapi, dengan berbagai kreasi dan inovasi, kini batik telah menjadi pakaian umum. Motif dan desainnya pun semakin berkembang pesat sehingga generasi muda merasa nyaman dan senang menggunakan busana batik. Banyak desainer muda yang memulai kiprah desain bajunya dengan mengambil batik sebagai inspirasi pembuatan desain baju. Kreatifitas para desainer muda ini banyak melahirkan beragam desain baju batik yang sangat elegan dan memenuhi tuntutan gaya hidup modern.

Cermin Pribadi yang Pandai Berterima Kasih pada Leluhur Bangsa

Memakai batik berarti kita termasuk pribadi yang pandai berterima kasih, kok bisa? Karena batik ini warisan para leluhur bangsa Indonesia, secara tidak langsung jika kita memakai batik berarti kita bangga dengan pakaian khas indonesia, apapun motifnya, batik menjadi cerminan pribadi Indonesia yang sesungguhnya. Dengan Batik-lah kita jadi pribadi yang pandai bersyukur.

Menjadikan Indonesia Bersinar di Mata Dunia

Tak dipungkiri dan tak terbantahkan bahwa batik benar-benar membuka mata dunia, bagaimana tidak, berbagai turis begitu bangga ketika kembali ke negara asal dengan membawa sebuah batik khas Indonesia, sebuah oleh-oleh terbaik yang tak tergantikan dengan yang lain. Berbagai artis papan atas dunia pun begitu kepincut dengan nuasan batik Indonesia.

Menjadikan Seseorang Terlihat Lembut dan Gagah

Batik menjadikan seorang wanita terlihat lembut dan menjadikan pria terlihat lebih gagah. Coba deh pakai batik dan lihat perubahannya. Karena batik mengandung historis penuh kelembutan itulah yang menjadikan siapapun yang mengenakannya menjadi pribadi baru. Batik menjadikan seseorang terlihat lembut dan gagah.

Akan membangkitkan Semangat Nasionalisme

Mengenakan batik menjadikan seseorang menunjukkan identitasnya secara tidak langsung, hal ini juga akan berefek kepada sikap dan prilaku seseorang. Efek inilah yang menjadikan siapa pun merasa bangga jadi orang Indonesia, inilah yang akan meinmbulkan semangat nasionalisme.

Mempermudah Roda Bisnis

Para bisnisman di Indonsia saat ini sudah mulai menyadari pentingnya memakai batik. Banyak karyawan di berbagai institusi bisnis yang sudah beralih memakai batik sebagai busana kesehariannya. Hal ini akan menimbulkan sebuah image baru bahwa batik menjadikan bisnis semakin menguntungkan karena masyarakat menilai bahwa mengenakan batik adalah cinta indonesia. Jelas ini akan mempermudah roda bisnis menjadi lebih menguntungkan.

Menjadikan Seseorang Semakin Dewasa

Dengan mengenakan batik seseorang akan terlihat dewasa dan mempesona, lihatlah ketika anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas yang sudah mulai cinta dengan batik, maka akan terlihat lebih dewasa dan lebih anggun serta gagah. Batik tak membuat seseorang menjadi tua, tapi sebaliknya. Akan tampaklah wajah penuh kedewasaan. Jadi Batik menjadikan seseorang semakin dewasa.

Menambah Percaya Diri

Batik akan membuat kita semakin percaya diri lho. Memilih batik yang sesuai dengan postur tubuh kita, kemudian ditambah motif yang pas, menjadikan seseorang semakin tambah percaya diri di setiap kesempatan. Karena nuasan batik mengandung nilai keikhlasan membuat siapapun menjadi percaya diri.

Menjadi Pribadi yang Trendi

Batik adalah trend Indonesia. Membuat wanita tambah cantik, menjadikan pria semakin gagah. Yang cantik semakin cantik, yang keren tambah keren. Yang memiliki wajah pas-pasan di sulap menjadi mempesona. Batik menjadikan seseorang memiliki trendi tersendiri, memiliki ciri khas tersendiri.

Source Manfaat Menggunakan Baju Batik Batik
Comments
Loading...