infobatik.id

Manfaat Batik Bagi Kesehatan

0 22

Manfaat Batik Bagi Kesehatan

Batik memang bukan sekedar kain. Selain menjunjung budaya dan berfungsi estetika, batik ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan. Dalam khazanah batik Indonesia, ada motif yang disebut motif “tambal”. Motif ini berupa gabungan dari berbagai motif-motif yang berbeda. Pola-pola geometris, biasanya bentuk segitiga, disusun teratur dan terlihat seperti tambalan dari berbagai potong kain.

Tambal memiliki arti memperbaiki yang rusak, atau dalam bahasa Jawa diartikan menambal. Maknanya membuat suatu hal menjadi lebih baik.

Selain itu motif ini juga dapat diartikan sebagai harapan dan semangat baru. Perjalanan hidup manusia yang tak luput dari kesalahan membuat manusia harus berbenah diri. Motif ini mengajarkan agar manusia selalu memperbaiki diri menuju kehidupan yang lebih baik, lahir maupun batin.

Keberadaan motif ini diilhami dari pakaian-pakaian yang dikenakan oleh pendeta agama yang penuh dengan kain tambalan, yang dipercaya dapat menolak pengaruh jahat (tolak bala).

Dahulu, kain batik bermotif tambal dipercaya bisa membantu kesembuhan orang yang sakit. Caranya adalah dengan menyelimuti orang sakit tersebut dengan kain atau dalam kondisi ’tidak baik’ dengan batik motif tambal. Namun saat ini, batik tambal bisa dipakai sebagai busana agar Anda merasa lebih baik.

Source http://pinkkorset.com/ http://pinkkorset.com/2016/37080/?ref=homepage
Comments
Loading...