Malam Pada Batik

0 49

Malam Pada Batik

Batik sebagai sebuah kebanggaan budaya yang ada di negara kita, terus menerus berkembang dan menjadi sebuah busana yang memiliki nilai seni sangat tinggi. Baju batik yang kita kenal selama ini melalui proses yang tidak mengalami perubahan. Dalam pembuatan baju batik tulis, pemberian malam merupakan salah satu proses yang sangat penting untuk dapat memperoleh warna dan juga motif yang indah. Dalam mempersiapkan malam, para pembuat baju batik pada umumnya harus mempersiapkan beberapa peralatan yang dipergunakan dalam proses pembuatan baju batik ini. Beberapa peralatan yang dipakai oleh para seniman batik ketika mereka memberi malam adalah kompor dan wajan yang dipergunakan untuk memberi panas pada malam.

Kemudian gawangan yang dipakai sebagai alat untuk menggantungkan kain ketika pemberian malam oleh seniman batik. Para pembatik juga sering menggunakan dingklik untuk membuat nyaman ketika mereka melakukan pekerjaan membuat baju batik. Dingklik ini dipakai sebagai tempat duduk untuk pembuat baju batik. Celemek dan juga taplak untuk melindungi pakaian dari tetesan malam yang panas. Canting dari berbagai macam ukuran dan canting tersebut dalam kondisi yang baik dan juga bersih. Alat bantu lain yang dipakai dalam pembuatan baju batik ini antara lain adalah air dalam ember, kemudian sehelai ijuk yang dipakai untuk membuat sumbat yang mungkin ada pada canting yang dipakai sehingga menjadi bersih.

Alat lain yang dipakai adalah penggunaan besi yang dipakai untuk menghilangkan tetesan malam. Tahap pemberian malam adalah tahap proses yang dilakukan oleh oleh para seniman batik. tahap pemberian malam itu adalah tahap pemberian rintangan. Hal itu adalah karena inti dari pekerjaan ini adalah menempelkan cairan lilin malam ke atas permukaan dari kain yang dipakai untuk jadi  kain batik. Hasil dari pemberian malam ini nantinya akan menjadi corak baju batik motif hias.

Source https://bibolbatik.wordpress.com/ https://bibolbatik.wordpress.com/2015/03/10/malam-pada-batik/
Comments
Loading...