Malam (Lilin Batik) Daur Ulang

0 37

Malam (Lilin Batik) Daur Ulang

Malam (Wax) adalah suatu zat padat yang diproduksi secara alami yang  diperoleh dari ekskresi tumbuh-tumbuhan, berupa damar atau resin. Pada tumbuhan, malam adalah hasil metabolisme sekunder yang dikeluarkan oleh pembuluh resin sedangkan sumber  hewani untuk malam berasal dari sarang tawon dan lebah. Dalam pembuatan batik, malam berperan sebagai penutup bagian kain agar tidak terwarnai dalam pencelupan. Dalam pembuatan batik, malam berperan sebagai penutup bagian kain agar tidak terwarnai dalam pencelupan.

Ketika digunakan dalam intensitas yang besar dan pengaruhnya dalam low cost production  maka muncullah inovasi dalam mendaur ulang lilin yang sudah terpakai. Apa Manfaat malam daur ulang? Bagaimana proses malamnya?Seberapa besar pengaruhnya dalam hasil atau produk akhirnya? Berikut adalah penjelasannya.

Manfaat daur ulang malam bagi para pengrajin cukup besar juga. Kalau dari segi harga mereka bisa menghematpengeluaran, karena malam yang seharusnya jadi limbah bisa digunakan lagi dalam produksi.Penggunaan ini bisa dilakukan dua atau tiga kali lagi. Penggunaan malam jenis ini  adalah untuk membatik yang sifatnya “blok” gambar bisa menggunakan malam daur ulang sebab fungsinya hanya untuk menutupi bagian yang dirasa memerlukan malam dalam jumlah yang  banyak. Sehingga biaya produksi bisa ditekan dengan menggunakan strategi daur ulang malam.

Berikut adalah cara mendaur ulang malam yang sudah terpakai :

  1. Lepaskan malam / lilin pada kain dengan cara merebus kain tersebut dengan air yang mendidih.
  2. Pisahkan air yang terbawa seminimal mungkin.
  3. kemudian malam bekas tersebut dicampur dengan BPM (Paraffin/kendal) yang merupakan sisa/ampas dari pembuatan minyak goreng. Bahan lainnya adalah Gondorukem yaitu getah pohon pinus
  4. Jika ingin membuat batik dengan motif garis yang sangat tipis dan halus (ngawat) maka dapat dicampur dengan damar yaitu getah dari pohon meranti
  5. Semua bahan tersebut direbus hingga larut semua yaitu sekitar 5-7 jam
  6. Setelah itu malam yang telah jadi dicetak dan siap digunakan.

Sehingga secara umum jika kita bisa mengolah dan mendaur ulang, kita mempunyai keuntungan hemat bahan baku, ramah lingkungan, tidak banyak sampah, baik untuk lingkungan, bumi lebih terjaga.

Source http://blog.astoetik.com/ http://blog.astoetik.com/malam-lilin-batik-daur-ulang/
Comments
Loading...