Makna Warna Merah Pada Batik Ceplok Kembang Kates

0 256

Makna Warna Merah Pada Batik Ceplok Kembang Kates

Batik Motif Ceplok Kembang Kates sudah banyak dikembangkan oleh beberapa pengrajin batik Bantul salah satunya pengrajin batik dari Wijirejo Pandak Bantul Industri Batik Ayu dan Batik Topo, tetapi kekhasan Batik Motif Ceplok Kembang Kates terlihat sangat jelas yang memiliki komposisi sesuai dengan bentuk tanaman pepaya atau kates.

Tetapi seiring perkembangannya mode trend kekinian warna pada batik Ceplok Kembang Kates menjadi beragam sesuai kreatifitas dari pengrajin batik di Bantul dan sesuai dengan permintaan pemesan. Batik Ceplok Kembang Kates tidak hanya dibuat menjadi bahan sandang saja, tetapi Batik Ceplok Kembang Kates juga diterapkan pada kemeja, baju dress panjang, dan sepatu batik.

Makna merah tanah berorientasi pada tanah atau Ibu Pertiwi bisa berkaitan dengan semangat pengabdian terhadap bangsa ini dan semangat untuk mempertahankan. Identik dengan mempertahankan bumi ini agar selalu subur jangan semena-mena dengan bumi ini. Sehingga warna merah pada pada Batik Ceplok Kembang Kates melambangkan sebagai semangat pengabdian. Warna merah pada Batik Ceplok Kembang Kates diaplikasikan untuk seragam PNS kantoran.

Source http://eprints.uny.ac.id/32309/1/SKRIPSI%20REAL.pdf
Comments
Loading...