Makna Warna Hijau Pada Batik Ceplok Kembang Kates

0 205

Makna Warna Hijau Pada Batik Ceplok Kembang Kates

Pada awalnya warna Batik Ceplok Kembang Kates hanya dominan merah saja tetapi munculah warna penambahan hijau dan biru untuk membedakan profesi dari PNS Bantul dan diproduksi oleh pengrajin batik bantul. Hingga saat ini jenis warna batik Ceplok Kembang Kates hanya 3 yaitu merah, biru, dan hijau.

Di dalam pembuatan Batik Ceplok Kembang Kates pencipta hanya menggunakan warna sintetis karena proses penciptaannya lebih cepat, mudah dan harganya terjangkau. Makna warna hijau pada Batik Ceplok Kembang Kates adalah warna air, kesejukan dan kesuburan, dimana ada air pasti ada kesuburan. Jika ada air pasti akan menimbulkan kesejukan dan kesuburan. Dikaitkan juga dengan wayang yang berwarna hijau, Kresna keturunan Dewa Wisnu adalah dewa yang memelihara isi bumi ini.

Dengan maksud di dalam mengabdi dan memberikan pelayanan kita harus memberikan kesejukan baik didalam pemerintahan maupun guru bisa memberikan kesejukan atau kedamaian didalam kelas sehingga ilmu yang diberikan bisa terserap dengan baik oleh anak-anak. Sehingga warna hijau pada Batik Ceplok Kembang Kates diaplikasikan untuk seragam guru dan kesehatan.

Source http://eprints.uny.ac.id/32309/1/SKRIPSI%20REAL.pdf
Comments
Loading...