Makna Warna Biru Pada Batik Ceplok Kembang Kates

0 170

Makna Warna Biru Pada Batik Ceplok Kembang Kates

Seiring berjalannya waktu, warna Batik Ceplok Kembang Kates sudah banyak variasinya tergantung pada pengkombinasian warna oleh pembuatnya. Warna-warna pada batik Ceplok Kembang Kates masing-masing mempunyai karakteristik, yaitu dari segi makna filosofi, ciri-ciri, sifat yang dimiliki oleh setiap warna tersebut. Karena tidak hanya satu warna saja yang dipakai untuk mewarna Batik Ceplok Kembang Kates maka dalam warna batik tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda-beda antara satu dengan warna yang lain.

Keindahan warna Batik Ceplok Kembang Kates yang dapat dilihat dari komposisi pola batik dan berbagai jenis warna yang terpadu secara harmonis yang tertangkap melalui panca indera selain itu juga keindahan makna filosofi yang terpancar mengandung pesan dan harapan pencipta kepada pemakainya.

Makna biru pada batik Ceplok Kembang Kates adalah berkaitan dengan langit, air, dan laut. Setetes air bisa bermanfaat, bisakah kita seperti air dengan maksud bisakah pengabdian kita bermanfaat seperti air yang bersih dan suci. Mengandung inti folosofi yang mendalam bagaimana kita bisa berperilaku seperti air yang murni, suci, bersih itu bisa menyejukan dalam pengabdian melayani masyarakat. Warna biru pada Batik Ceplok Kembang Kates diaplikasikan untuk organisasi masyarakat seperti dasa wisma.

Source http://eprints.uny.ac.id/32309/1/SKRIPSI%20REAL.pdf
Comments
Loading...