Makna Simbolis Motif Batik Sleman

0 51

Makna Simbolis Motif Batik Sleman

Proses pembuatan batik tidak hanya berangkat dari ruang kosong belaka. Kalau selama ini banyak yang beranggapan bahwa batik hanyalah merupakan seni melukis di atas kain, tanpa memiliki makna apapun. Makna khusus, yaitu kata atau istilah yang pemakaiannya dan/atau maknanya terbatas pada suatu bidang tertentu. Secara khusus pula digunakan untuk memberikan istilah pada bidang tertentu agar semakin jelas.

Pada dasarnya, dari setiap lilitan atau coretan di atas kain mori batik memiliki makna simbolis tertentu, tergantung siapa dan apa tujuan dari sang pembatik. Simbol dapat diartikan sama dengan lambang, disini lambang diartikan sebagai tanda pengenal yang tetap (menyatakan sifat, keadaan dan sebagainya): Misalnya warna putih adalah kesucian; gambar padi sebagi kemakmuran.

Ada lagi yang mengartikan lambang sebagai isyarat, tanda, alamat, bendera lambang kemerdekaan, bunga lambang percintaan, cincin lambang pertunangan atau perkawinan. Dalam proses pembuatan batik khususnya batik tulis, melambangkan kesabaran pembuatnya. Setiap hiasan dibuat dengan teliti dan melalui proses yang panjang. Sedangkan kesempurnaan dari motifnya menyiratkan ketenangan dari pembuatnya. Pada sisi lain, corak batik tertentu juga dipercaya memiliki kekuatan gaib dan hanya boleh dikenakan atau dipakai oleh orang kalangan tertentu. Misalnya motif parang yang melambangkan kekuatan dan kekuasaan.

Kain yang bermotif ini biasanya hanya boleh dikenakan oleh para penguasa dan kesatria saja. Batik jenis ini harus dibuat dengan ketenangan dan kesabaran yang tinggi sebab kesalahan dalam proses pembatikan dipercaya dapat menghilangkan kekuatan yang ada dalam batik tersebut. Selain proses pembuatanya, batik yang sarat dengan makna filosofis, corak batik juga merupakan simbol-simbol penuh makna yang memperlihatkan cara berfikir masyarakat pembuat batik tersebut.

Misalnya, corak yang terdapat pada batik madura melambangkan ciri khas dan watak masyarakat madura, begitu pula dengan daerah-daerah lainya. Begitu pula dengan batik sleman yang memiliki makna simbolis tersendiri. Makna-makna simbolis yang terkandung dalam setiap motif batik Sleman tersebut sangat erat kaitanya dengan letak dan keadaan Kabupaten Sleman zaman dahulu. Diperkirakan masyarakan yang menempati daerah tersebut memelihara binatang gajah sebagai pembantu dalam kegiatan sehari-hari mereka serta berakar dari sejarah sejarah terbentuknya Kabupaten Sleman.

Source http://eprints.uny.ac.id/38067/1/Krisna%20Kurniawan_07206244003.pdf
Comments
Loading...