Makna Simbolik Batik Srikit Khas Kabupaten Kebumen

0 581

Makna Simbolik Batik Srikit Khas Kabupaten Kebumen

Perkembangan batik Srikit tidak banyak orang yang mempublikasikan. Batik srikit berkembang bersama dengan motif lain di Kebumen. Batik Srikit yang menjadi motif khas Kabupaten Kebumen ini merupakan hasil kreasi dari pengrajin batik Kebumen. Batik Srikit ini memang fenomenal karena namanya sama dengan nama Ratu Sirikit dari kerajaan Thailand. Makna yang terkandung dalam motif batik Srikit adalah sebagai berikut:

 

1. Ditinjau dari warna

a) Coklat Tembaga (sogan)

Warna coklat memiliki makna atau manandakan bahwa kematian atau kehidupan akhir itu tetap berguna. Warna coklat juga melambangkan warna tanah.

b) Warna Biru Kehitaman

Warna biru kehitaman memiliki makna simbolik ketinggian di atas langit. Biru kehitaman merupakan warna keabadian. Jadi warna biru kehitaman memiliki makna bahwa orang yang meninggal itu masih mempunyai harga atau makna, kemuliaan, dimana badan kembali ke tanah dan roh kembali ke Rahmat Tuhan (langit).

c) Warna Hijau

Warna hijau pada batik srikit memiliki makna ke Tuhanan. Makna ke Tuhanan disini adalah bahwa manusia mati itu untuk kembali pada Tuhan. Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang juga kembali ke Tuhan.

2. Ditinjau Dari Simbol Motif

a) Lung Pakis

Lung pakis memiliki makna tumbuh dengan penuh kedinamisan akan menimbulkan keindahan seperti yang tergambar dalam batik srikit.

b) Gringsing

Gringsing yaitu geringe sumingkir.Makna dari gringsing adalah bahwa orang yang sehat itu tidak Gering atau tidak kurus artinya tidak berbadan kurus sehingga badan sehat, terhindar dari penyakit.

c) Rantai

Makna rantai adalah suatu ikatan yang tidak terputus tetap tersambung, sehingga rantai pada batik srikit memiliki makna simbol yang juga dikaitkan dengan gringsing yaitu bahwa suatau kesehatan itu tidak terputus antara kesehatan jasmani dan rohani ini mempunyai ikatan yang tidak terputus.

d) Bunga Kopi dan Bunga Cengkeh

Bunga kopi dan bunga cengkeh memiliki makna yang sama yaitu bahwa keharuman hanya satu kali untuk selamanya. Bunga kopi dan bunga cengkeh mempunyai aroma yang khas yang enak, nikmat dan ketika bunga ini mekar akam mengeluarkan aroma yang khas dan aroma ini akan menjadi manfaat yang lama setelah mekar.

e) BerasWutah (Beras Tumpah)

Makna yang terkandung dalam beras wutah adalah suatu kemakmuran.

3. Nilai Filosofis Batik Srikit Khas Kabupaten Kebumen

Nilai filosofis dari batik Srikit ditinjau dari asal katanya yaitu srikit, sri artinya indah dan kit artinya mengikat, jadi srikit artinya keindahan yang mengikat. Mengikat menjadi satu kesatuan yang indah. Dari arti katanya batik srikit memiliki nilai filosofis bahwa suatu persatuan atau suatu kesatuan dari beberapa perbedaan yang bersatu akan menjadi keindahan.

Source Makna Simbolik Batik Srikit Khas Kabupaten Kebumen Makna
Comments
Loading...