Makna Simbolik Batik Sido Arum

0 354

Makna Simbolik Batik Sido Arum

Batik Sido Arum mempunyai makna simbolik pada motif utama adalah Motif Bunga Sepatu yang memiliki makna keindahan dan kemandirian, karena bunga ini merupakan salah satu bunga yang dapat tumbuh dimana saja dan tanpa harus melalui perawatan yang rumit dan bunganya pun indah. Motif wajik atau persegi yang bergelombang memiliki arti kehidupan yang dinamis, walaupun dalam mengarungi kehidupan ada banyak sekali kerikil atau masalah tetapi, hal tersebut dapat diatasi dengan baik. Motif tunas yang memiliki makna pembaharuan menuju kekehidupan yang baru. Sedangkan motif yang memiliki makna simbolik pada motif pendukung antara lain; Motif Bunga Lung yang memiliki makna keseimbangan, yaitu kehidupan yang seimbang antara duniawi dan surgawi.

Selain terdapat beberapa motif yang mempunyai makna, pada Batik Sido Arum juga terdapat beberapa warna yang mempunyai makna yaitu warna coklat yang memiliki makna kerendahan diri dan kesederhanaan, karena warna ini juga diibaratkan sebagai warna tanah yang bersifat pasti, dalam kehidupan rumah tangga yang akan dijalani oleh kedua mempelai kelak diharapkan dapat dijalani dengan sederhana dan rendah diri dan tidak sombong. Warna hitam memiliki makna keabadian atau kekal, diharapkan cinta kasih yang dibangun oleh kedua mempelai akan senantiasa abadi atau kekal sampai ajal memisahkan mereka berdua. Warna putih memiliki makna kesucian dan ketulusan, dalam menjalani peran sebagai suami dan istri kelak mesti dilandasi dengan cinta kasih yang tulus, sehingga cinta kasih diantara keduanya selalu dalam kesucian. Dalam selembar kain batik sido arum mempunyai makna kebahagian, batik ini dikenakan oleh kedua mempelai pada saat acara siraman dalam prosesi pernikahan.

Harapannya adalah kehidupan setelah menikah yang akan dijalani oleh kedua mempelai akan senantiasa mencapai kebahagian, meskipun terdapat rintangan di dalam menjalani kehidupannya akan tetapi kedua pasangan dapat mengatasi dan melewati rintangan tersebut dengan baik, selain itu juga dimana pun mereka tinggal nanti diharapkan dapat beradaptasi dengan baik serta cinta kasih yang dipupuk akan selalu abadi sampai ajal memisahkan mereka.

Source http://eprints.uny.ac.id/16374/1/DEPUTTY%20DEWI.pdf
Comments
Loading...