Makna Simbolik Batik Sekar Jagad Jepara

0 475

Makna Simbolik Batik Sekar Jagad Jepara

Batik Sekar Jagad Jepara mempunyai makna simbolik pada motif utama adalah motif naga yang saling berhadapan dan masing-masing badannya menjulur keatas yang memiliki arti pelindung dan kekuatan. Karena motif ini pada masyarakat Jawa sering digunakan untuk penghias atap rumah, pintu dan lain sebagainya. Motif ini identik dengan simbol kekuatan dan pelindung bagi tempat tersebut. Dalam batik ini motif naga diibaratkan sebagai pahlawan yang menggunakan semua kekuatan dan jiwa raganya untuk berjuang membela dan memerdekaan tanah air. Motif merak yang memiliki dua kepala dan satu badan memiliki arti kewibawaan.

Motif ini menggambarkan kewibawaan yang tinggi, karena letak kewibawaan dari merak yaitu ekornya yang anggun sedangkan kewibawaan dari sosok pahlawan yaitu perjuangan untuk memerdekaan daerah ataupun negaranya. Motif daun semanggi yang memiliki makna persatuan dan persaudaraan yang erat. Motif ini menggambarkan tiga saudara yaitu R.A Kartini, Roekmini, dan Kardinah, walaupun sudah terpisah karena keadaan tetapi ketiganya tidak pernah putus asa untuk dapat bersatu kembali. Motif bunga mawar yang memiliki makna keharuman dan ketulusan, karena bunga ini memiliki aroma yang harum dan identik dengan ketulusan terhadap sesuatu.

Seperti halnya pahlawan yang selalu tulus dalam menjunjung tinggi negaranya, dan setelah gugur pun keharumannya senantiasa tercium sampai kapanpun. Motif bunga matahari yang memiliki makna kekuatan, karena matahari merupakan kekuatan yang ada di dunia ini, dan bunga matahari selalu mengarah dimana matahari itu bersinar. Motif bunga kuncup yang memiliki makna pembaruan, karena bunga yang sedang kuncup merupakan awal dari kehidupan yang baru yang lebih baik lagi, dengan gugurnya para pahlawan yang telah berjuang keras memerdekakan negara ini, diharapkan kehidupan kedepannya akan menjadi lebih baik lagi.

Motif ikal bersambung yang memiliki makna saling tolong menolong yaitu sebagai manusia sudah seharusnya saling tolong menolong sehingga perjuangan para pahlawan pada saat peperangan tidak sia-sia. Motif bunga kenanga memiliki makna kenangan yaitu generasi muda selalu mengenang semua perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan.

Motif lung yang memiliki makna keluwesan, yaitu dalam hidup bermasyarakat harus sopan, lemah lembut dan luwes, sehingga tidak ada lagi yang namanya pertikaian, dan dapat menghargai perjuangan para pahlawan yang sudah susah payah melawan pertikaian. Motif bunga kantil memiliki makna ikut atau melekat yaitu diharapkan para generasi muda dapat mengikuti semangat pantang menyerah para pahlawan, dan semangat tersebut dapat terus melekat di dalam setiap diri. Selain terdapat beberapa motif yang mempunyai makna pada batik sekar jagad Jepara, juga terdapat beberapa warna yang mempunyai makna yaitu; gradasi warna hijau, dimana warna hijau memiliki makna pembaharuan, diharapkan perjuangan para pahlawan dapat menjadi awal perjalanan hidup yang lebih baik lagi.

Gradasi warna coklat, warna coklat sendiri memiliki makna kerendahan diri dan kesederhanaan, dan warna ini diibaratkan sebagai warna tanah yang bersifat pasti, diharapkan masyarakat dapat bertindak rendah hati dan berlaku sederhana, khususnya para pemegang kekuasaan agar tidak lupa diri dengan tanggung jawab yang telah dipikulnya. Warna merah memiliki makna kekuatan dan semangat, sudah seharusnya kekuatan dan semangat yang dimiliki oleh para pahlawan tetap tumbuh di dalam diri para penerus bangsa. Warna hitam memiliki makna keabadian, sudah seharusnya perjuangan dan kebaikan para pahlawan akan selalu abadi dan tumbuh di dalam setiap individu.

Warna orange sendiri memiliki makna kehangatan, menjadi seorang individu yang hidup secara berkelompok sudah seharusnya memiliki pribadi yang hangat dan ramah sehingga tak aka nada lagi perselisihan. Warna biru memiliki makna keteguhan, karena warna biru teguh seperti perjuangan para pahlawan yang teguh dalam memegang pinsip yaitu merdeka atau mati. Gradasi warna ungu, warna ungu sendiri memiliki makna ketenangan, dalam menghadapi suatu masalah haruslah diselesaikan dengan tenang agar tidak terjadi perselisihan yang berlarut-larut. Warna kuning memiliki makna pengharapan atau pengertian, para pejuang telah menaruh pengharapan yang tinggi kepada para generasi muda untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan. Warna putih yang melambangkan ketulusan, para pejuang dengan gagah berani rela dan tulus ikhlas mengorbankan nyawanya demi membela bangsa dan negara.

Batik Sekar Jagad Jepara ini mempunyai makna keharuman (kebaikan) yang tiada tara, batik ini dikenakan oleh pejabatpejabat untuk acara hari-hari besar kepahlawanan seperti 17 Agustus, hari pahlawan, sumpah pemuda dan lain sebagainya. Harapannya adalah kebaikan dan pengorbanan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan dapat terus dikenang, dan mengamalkan kebaikan para pahlawan dengan saling tolong menolong dan bersikap sopan terhadap siapa pun hal tersebut sebagai wujud terima kasih yang tinggi kepada semua perjuangan para pahlawan, sehingga keharuman para pahlawan tersebut dapat dicium oleh seluruh masyarakat baik dalam maupun luar negeri.

Source http://eprints.uny.ac.id/16374/1/DEPUTTY%20DEWI.pdf
Comments
Loading...