Makna Simbolik Batik Ceplok Kembang Kates

0 293

Makna Simbolik Batik Ceplok Kembang Kates

Motif – motif yang diterapkan pada Batik ceplok Kembang Kates disamping memberi nilai keindahan, tetapi tidak lepas dari makna atau lambang simbolik yang terkandung di dalamnya yang dapat diambil manfaatnya bagi kehidupan manusia. makna pada motif bunga adalah di dalam pengabdian kita terhadap bangsa dan negara hendaknya dilakukan dengan rasa bungah (dalam bahasa Jawa senang) atau dalam kondisi yang menyenangkan dan berbunga-bunga dan bersemangat karena sesulit apapun pekerjaan kalau dikerjakan dengan iklas dan hati senang akan berhasil dengan baik.

Makna kates atau pepaya bahwa sebaiknya sebagai manusia pandai-pandailah beradaptasi seperti pohon kates yang bisa hidup dimana-mana, bisa menempatkan diri dan beradaptasi dengan lingkungan tertentu dan bermanfaat dari komponen akar hingga buah. Selanjutnya makna biji atau benih karena disitulah benih-benih anak bangsa Indonesia ini yang nantinya akan tumbuh dengan baik apabila kita bisa mendidiknya dengan baik.

Secara filosofis Batik Ceplok Kembang Kates dapat diartikan sebagai harapan generasi muda Bangsa Indonesia khususnya di Kabupaten Bantul dalam mengabdi dan memberikan pelayanan kepada bangsa dan negara hendaknya dilakukan dengan kondisi semangat, iklas, dan hati yang senang agar menghasilkan hasil yang baik selain itu kita harus jadi manusia yang bermanfaat dan pandai beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Jadi secara keseluruhan batik Ceplok kembang Kates melambangkan semangat pengabdian.

Source http://eprints.uny.ac.id/32309/1/SKRIPSI%20REAL.pdf
Comments
Loading...